Arsitektur UB Juarai Kompetisi Bergengsi Desain PU Jawa Timur

Selasa, 09-08-2016 - 16:43 WIB Tim arsitektur UB juara 3 kompetisi desain PU (foto:istimewa) Tim arsitektur UB juara 3 kompetisi desain PU (foto:istimewa)

JATIMTIMES, MALANG – Seakan tak ada hentinya kreasi dan inovasi yang ditorehkan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB). 
Terbaru, pada Kamis (04/08/2016) tim arsitektur UB berhasil memboyong juara tiga pada kompetisi Design Challenge 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya dan Tata Ruang Propinsii Jawa Timur. 
Setelah menyisihkan 41 peserta yang diantaranya berasal dari Universitas Indonesia (UI) Institut Teknologi Bandung(ITB), Univeristas Gadjah Mada (UGM), Universitas Katolik Parahyangan(UNPAR) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 
Dengan mengusung desain yang bukan hanya sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) tetapi juga hutan kota yang mengutamakan seminimal mungkin penggunaan perkerasan dan memfungsikan secara maksimal lahan peresapan.

Selain itu tim Arsitektur UB juga mendesain ruang bagi mahluk hidup seperti hewan dan tumbuhan untuk menjadikan iconic green city dari Kota Surabaya. 
"Saya bangga bisa mengharumkan nama UB lewat kompetisi ini. Desain kami terinspirasi dari beberapa arsitek diantaranya terinspirasi dari hutan kota yang di desain Ridwan Kamil di Bandung, House for Trees yang didesain  arsitek Vietnam dan desain Foot Bridge di area The EmQuartier Thailand," jelas Alvath salah satu mahasiswa yang tergabung dalam tim Arsitektur UB. 
Dirinya menambahkan bahwa timnya memaksimalkan daya resapan dengan menambahkan perkerasan pada site desain sebersar 1,8%. Jumlah sekecil itu didapatkan karena seluruh sirkulasi dalam site desain time menggunakan tracking. Sehingga sirkulasi berada di atas tanah.

"Lalu sekeliling site diterapkan  teknik bioswale agar air yang ada di luar bisa jadi peresapan," imbuhnya. 
Selain dapat berfungsi sebagai area peresapan desain pada kompetisi ini diharapkan  dapat menjadi landmark selamat datang Kota Surabaya dan mengandung fungsi ekologis bagi kawasan di sekitarnya.(*)

Pewarta : Hesti Kusuma Wardhani
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Moh Ainur Rahman
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close