Inovasi Listrik Perpaduan Tenaga Surya dan Angin Ini Temuan Warga Tulungagung

Kamis, 13-04-2017 - 18:57 WIB Tim POSYANTEK Tulungagung sedang memasang listrik tenaga perpaduan surya dan angin, Rabu (12/4/2017) (Foto: Sutrimo/ TulungagungTIMES) Tim POSYANTEK Tulungagung sedang memasang listrik tenaga perpaduan surya dan angin, Rabu (12/4/2017) (Foto: Sutrimo/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Bumi Tulungagung tidak ada habisnya memunculkan orang-orang kreatif dan inovatif dalam bidang teknologi tepat guna.

Baru-baru ini, Wahyu, seorang inovator asal Kedungwaru, Tulungagung memperkenalkan sebuah sumber energi alternatif dengan sistem hybrid untuk daya listrik lampu penerangan.

Sistem hybrid merupakan penggabungan dua energi, antara tenaga surya dengan tenaga angin. Dengan sistem hybrid ini, dua sumber energi surya dan angin akan saling memasok daya sehingga membuat pasokan daya terjamin bisa bertahan lebih lama dan saling menguntungkan jika cuaca sedang tidak menentu.

Sistem energi hybrid ini bisa dikatakan baru di Kota Tulungagung. Selama ini yang kita kenal adalah lampu penerangan dengan sistem solar cell atau tenaga surya. 

Wahyu menjelaskan bahwa sistem hybrid yang diterapkan di Tulungagung ini belum dia ketahui secara pasti apakah sudah ditemukan sebelumnya atau belum di Indonesia.

“Kami hanya ingin memaksimalkan tenaga angin dan tenaga surya yang sesungguhnya melimpah di negeri Indonesia, khususnya di Tulungagung,”  tutur Wahyu yang juga menjabat sebagai Ketua Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (POSYANTEK) Kecamatan Kedungwaru pada tim Tulungagung TIMES, Rabu (12/04/2017).

Sebenarnya Wahyu bersama kelompok yang hobi melakukan inovasi sudah menemukan beberapa temuan-temuan yang lain. Semisal sumur grafitasi, listrik tenaga maghnetik, bahan bakar air untuk mobil dan motor, serta penemuan-penemuan yang lainnya.

Hanya saja, riset yang mereka lakukan terganjal oleh biaya yang bisa dibilang tidak murah. Dan hal ini tidak mungkin dilaksanakan apabila hanya mengandalkan kantong pribadi mereka sendiri.

Rencana ke depan kelompok inovator yang tergabung dalam POSYANTEK ini akan terus berusaha untuk membuat teknologi-teknologi paling efektif untuk menjawab kebutuhan daerah serta memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan dan ramah sosial.

Pewarta : Sutrimo
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close