Ajak Pemuda Berwirausaha, Karang Taruna Desa Pikatan Gelar Pelatihan Budidaya Jamur

Minggu, 14-01-2018 - 17:23 WIB Pelatihan budidaya jamur yang digelar Karang Taruna Desa Pikatan.(Foto : Aunur rofiq/BlitarTIMES) Pelatihan budidaya jamur yang digelar Karang Taruna Desa Pikatan.(Foto : Aunur rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Karang Taruna Pandlegan, Desa Pikatan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, menggelar pelatihan budi daya jamur tiram, Minggu (14/1/2018). Pelatihan ini ditujukan khusus untuk para pemuda desa setempat.

Selain materi di ruangan, peserta juga diajak langsung praktek budidaya jamur yang baik.  mulai dari memilih serbuk gilingan kayu, campuran bahan pembuat jamur tiram sampai dengan baglog siap tumbuh jamur.

 “Pelatihan ini merupakan program kerja Karang Taruna untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Desa Pikatan dalam berwirausaha. Sekaligus meningkatkan pendapatan mereka melalui budidaya jamur,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan, Wahyudiono.

Sementara, Ketua Karang Taruna Pandlegan, Khoiruzzaim Kurniawan, menambahkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pemuda-pemudi Desa Pikatan.

Melalui pelatihan ini diharapkan pemuda desa bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan memiliki masa depan yang cerah. Selain itu, pelatihan ini diharap mampu membuat mereka menjadi tenaga kerja terampil yang bisa menular kepada orang lain.

“Pelatihan ini tidak hanya ditujukan kepada laki-laki saja namun juga ditujukan kepada wanita juga karena wanita juga memiliki hak yang sama dengan laki-laki jadi sudah saatnya wanita memberanikan diri untuk bekerja sendiri atau membuka usaha mandiri dirumahnya dengan mendirikan bisnis jamur tiram,” terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, budidaya jamur tiram tidak memerlukan modal besar serta tidak sulit dilakukan. Yang diperlukan adalah keterampilan dan semangat untuk mandiri serta keuletan untuk berwirausaha. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan diharap bisa membuat usaha sendiri dan tidak lagi mencari pekerjaan.

"Semakin banyak masyarakat yang mandiri secara ekonomi akan membuat negara ini kuat. Kita tahu saat ini sangat sedikit lapangan kerja baru. Bahkan banyak industri yang tutup dan karyawan di PHK. Untuk itu Karang Taruna Pandlegan Desa Pikatan terus melakukan pelatihan pada masyarakat yang lebih luas,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Aditya Fachril Bayu Anandhika
Sumber :
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close