Mahasiswa Komunikasi Unisba Blitar Kunjungi Radio Prambors

Selasa, 13-02-2018 - 21:07 WIB Mahasiswa Komunikasi Unisba Blitar saat berada di studio Radio Prambors.(Foto : JatimTIMES) Mahasiswa Komunikasi Unisba Blitar saat berada di studio Radio Prambors.(Foto : JatimTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar mengunjungi kantor Radio Prambors Jakarta, Selasa (13/2/2018). Kunjungan ini diikuti oleh sebanyak 50  mahasiswa serta 4 pendamping.

Adapun tujuan dari kunjungan ini untuk mengetahui bagaimana cara kerja penyajian program dan management produksi Radio Prambors. Serta tentunya untuk menambah wawasan mahasiswa Unisba Blitar terkait jurnalisme radio.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Unisba Blitar, Andiwi Meyfilina, kegiatan ini dapat mendekatkan mahasiswa di dunia industri media.

"Kunjungan ini bagian dari mata kuliah, harapannya mereka paham benar cara kerja produksi program, cara kerja siaran yang professional. Dan bisa memahami media itu seperti apa. Kegiatan ini bagian dari impelentasi teori,” katanya kepada BLITARTIMES melalui seluler.

Dilansir dari Wikipedia, pada mulanya Prambors merupakan siaran radio yang dirintis sekelompok anak muda yang berasal dari satu lokasi yang berdekatan di Jakarta Pusat (Jalan Prambanan, Jalan Mendut, Jalan Borobudur, dan Sekitarnya). Yang hanya dapat didengarkan di sebuah daerah di Jakarta  dan sekitarnya.

Pada tahun 1970, namanya diubah menjadi PT Radio Prambors Prambors Broadcasting Service setelah pemerintah mewajibkan setiap radio harus berbadan hukum melalui PP No. 55 tahun 1970.

Pada era 1980-an, akta tersebut diubah menjadi PT Radio Prambors. Perlahan-lahan, Prambors memiliki komunitas pendengar yang didominasi anak muda. Lagu-lagu dan materi siaran pun disesuaikan dengan segmentasinya, yaitu anak muda. Mulai tahun 1971 hingga 1978, Prambors semakin mantap di jalur anak muda. Produk Prambors makin beragam, mulai dari kaset kompilasi, sampai acara off air Lomba Cipta Lagu Remaja (LCLR) yang sukses.

Selain kuis, di era 1990-an mulai muncul acara-acara baru, seperti Catatan Si Boy, Diary, juga acara off air seperti Tenda MangkalPrambors Nite. Hingga saat ini, Prambors sudah hadir di 8 kota di Indonesia, yaitu di Prambors Jakarta 102.2 FM, Prambors Bandung 98.4 FM, Prambors Semarang 102 FM, Prambors Solo 99.2 FM, Prambors Yogyakarta 95.8 FM, Prambors Surabaya 89.3 FM, Prambors Medan 97.5 FM, dan Prambors Makassar 105.1 FM.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close