Panwaslu Minta Tim Paslon Pilgub Jatim Segera Tertibkan Baliho Calonnya

Selasa, 13-02-2018 - 21:17 WIB Ilustrasi.(Foto : google images) Ilustrasi.(Foto : google images)

JATIMTIMES, BLITAR –  Dua pasangan yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno telah ditetapkan sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Pilkada 2018.

Kedua pasangan telah memilih nomor urut. Dan akan dilanjutkan dengan masa kampanye. Terkait dengan penetapan ini, Panwaslu Kabupaten Blitar meminta kepada tim sukses pasangan calon agar segera menertibkan seluruh baliho atau Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang.

“Karena paslon sudah ditetapkan maka kami meminta tim kampanye paslon untuk menertibkan baliho yg sudah marak terpasang di jalan-jalan protokol di Kabupaten Blitar. Karena masa kampanye akan dimulai tanggal 15 Februari hingga masa tenang 3 hari sebelum pemungutan suara,” kata Komisioner Panwaslu Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Hakam Solahudin kepada BLITARTIMES, Selasa (13/2/2018).

Ditegaskan, mengacu PKPU No 4  penertiban harus dilakukan karena pemasangan tempat peraga kampanye telah ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tempat yang dilarang pemasangan APK yakni tempat ibadah,  rumah sakit,  gedung milik pemerintah, lembaga pendidikan.

“Aturannya pemasangan APK difasilitasi KPU dan diserahkan tim paslon dalam kondisi sudah terpasang.  Tim paslon bisa mengadakan APK sendiri sebanyak maksimal 150%  yang difasilitasi KPU.  Sedang pemasangannya di tempat yang sudah ditetapkan KPU,” terangnya.

Lebih lanjut Hakam menyampaikan, Panwaslu juga meminta kepada KPU Kabupaten Blitar untuk menertibkan APK yang tidak sesuai aturan. “APK baru dipasang 15 Februari. Jadi kalau hari ini ada yang tidak sesuai  aturan kami minta KPU mencopotnya,” tuntasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close