Tak Ingin Video Joget Erotis Pelajar Terulang, Dinas Pendidikan Minta Sekolah Kaji Penggunaan HP

Selasa, 13-02-2018 - 21:23 WIB Ilustrasi (tempo.co) Ilustrasi (tempo.co)

JATIMTIMES, BLITAR – Video joget erotis buatan siswa SMA Negeri 1 Kademangan membuat Cabang Dinas Pendidikan Provinsi turun tangan melihat penyebab hal tersebut.

Kejadian tersebut terjadi ketika waktu jam kosong para siswa bermain-main dengan handphonenya hingga terjadilah video tak senonoh tersebut.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Suhartono mengatakan pihaknya akan melakukan penelitian berfokus pada penggunaan HP di kalangan siswa.

Sebab kejadian seperti ini tak lepas dari peran HP yang dibawa kesekolah yang berujung penyalahgunaan alat yang sejatinya sebagai komunikasi ini.

“Kita akan melakukan kajian di sekolah-sekolah nantinya tentang seberapa penting HP ini menunjang kegiatan siswa di sekolah,” ungkapnya, Senin (12/2/2018).

Dia menjelaskan saat ini perkembangan teknologi HP semakin maju dengan banyak fitur tersemat. Hal ini tak jarang beberapa guru memanfaatkan teknologi ini untuk pembelajaran di kelas.

Maka untuk pelarangan HP di sekolah dianggap tak bijak apabila HP selama ini menyokong proses pembelajaran harus dilarang.

“Maka dari itu kita lihat apakah sudah banyak guru-guru menggunakan HP untuk pembelajaran. Sebab dari pengamatan di lapangan bahkan ada yang menyarankan tablet atau HP untuk penunjang pembelajaran,” ujarnya.

Apabila dari kajian tersebut HP memang tidak memberikan dampak besar untuk kemajuan pembelajaran di kelas bisa dilakukan pelarangan membawa HP. Sebaliknya kalau dianggap mempunyai peran penting untuk kemajuan akan tetap diperbolehkan.

“Tentunya kita harus bijak memilih sikap tersebut. Dalam waktu dekat kita minta sekolah-sekolah lakukan kajian ini. Sebab kita sendiri sangat menerima keberadaan teknologi yang semakin membantu pekerjaan manusia saat ini,” pungkasnya. (*)

 

 

Pewarta : Mardiano Prayogo
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber :
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close