Kejari Tahan Ketua DPRD Jember

Rabu, 14-02-2018 - 23:20 WIB Ketua DPRD Jember usai diperiksa dan hendak di antar menuju lapas Jember untuk menjadi tahanan titipan (foto : Moh. Ali Makrus/ Jatim TIMES) Ketua DPRD Jember usai diperiksa dan hendak di antar menuju lapas Jember untuk menjadi tahanan titipan (foto : Moh. Ali Makrus/ Jatim TIMES)

JATIMTIMES, JEMBER – Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember Rabu (14/2/2018) petang pukul 17.00 menetapkan Ketua DPRD Jember H Thoif Zamroni sebagai tersangka. Bahkan, kejari melakukan penahanan badan setelah politisi Partai Gerindra itu diperiksa selama 8 jam oleh tim pidana khusus (pidsus)  Kejaksaan Negeri Jember atas kasus dugaan korupsi dana bansos (bantuan sosial) ternak tahun 2015.

“Tadi pagi yang bersangkutan kami panggil dan kami periksa sebagai saksi. Dari hasil penyidikan yang dilakukan oleh tim,  kami gelar ekspos dan statusnya kami tingkatkan sebagai tersangka,” ujar Kajari Jember H Ponco Hartanto SH.

Ponco menambahkan bahwa dalam kasus bansos ternak yang sebelumnya sudah menahan penerima bansos dan mantan anggota DPRD, pihaknya telah melakukan penyidikan serta mengumpulkan bukti-bukti selama setahun. Hasilnya ditemukan penyelewengan dengan modus penyaluran tidak sesuai peruntukan.

“Salah satunya dalam pembentukan kelompok tidak sesuai dengan Permendagri No 39 Tahun 2012. Banyak kelompok penerima bantuan yang ternyata berdasarkan kekerabatan, pertemanan, dan keluarga. Sesuai aturan, ini tidak boleh. Agar yang bersangkutan tidak memengaruhi dan mengintimidasi para saksi dan menghilangkan barang bukti, kami lakukan penahanan badan,” tegas Ponco.

Pantauan media ini, Thoif Zamroni keluar dari kantor kejaksaan dan memasuki mobil dengan diantar oleh tim kejaksaan. Thoif dititipkan di Lapas Kelas 2 A Jember. (*)

Pewarta : Moh. Ali Makrus
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Aditya Fachril Bayu Anandhika
Sumber :
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close