Bupati Pantau Lomba Desa di Dua Kecamatan

Senin, 16-04-2018 - 15:58 WIB Bupati bersama Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo kalungan bunga melati saat memantau lomba desa di desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang (Foto Heru Hartanto/SitubondoTIMES) Bupati bersama Ketua TP PKK Kabupaten Situbondo kalungan bunga melati saat memantau lomba desa di desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang (Foto Heru Hartanto/SitubondoTIMES)

JATIMTIMES, SITUBONDO – Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, SH didampingi Ketua TP PKK Situbondo Hj. Umi Kulsum SH, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Drs. Suradji MM dan tim penilai, pantau kegiatan lomba desa di Desa Sumberejo, Kecamatan Besuki, dan Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Senin (16/04/2018).

Kunjungan sekalipus memantau lomba desa yang dilakukan bupati bersama tim tersebut, dalam rangka mengevaluasi perkembangan desa bersama perangkat desa dan kecamatan.

"Lomba desa merupakan agenda rutin tahunan Kabupaten Situbondo yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik secara administratif maupun faktual, pemberdayaan masyarakat melalui 10 program pokok PKK, dan untuk melihat perkembangan pengelolaan potensi-potensi wisata yang  ada di desa," jelas Bupati Situbondo Dadang Wigiarto SH.

Lebih lanjut, Bupati Dadang mengatakan, lomba desa yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat tersebut diharapkan mampu menguak potensi-potensi yang ada di desa-desa.

"Lomba ini bertujuan mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa di Kabupaten Situbondo . Melalui lomba ini Pemerintah Kabupaten Situbondo akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa, terutama terhadap usaha pemerintah desa dalam memajukan dan memberdayakan warganya, salah satunya sejauh mana dukungan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan posyandunya," tutur bupati.

Adapun indikator penilaiannya, imbuh bupati, meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan serta kesejahteraan keluarga.

"Dengan demikian, saya berharap desa-desa yang mengikuti perlombaan bisa menjadi desa yang lebih maju atau unggul dalam bidang yang tertulis diatas," harapnya.

Dalam kesempatan itu, bupati dan rombongan juga menyempatkan melihat kandang kambing milik salah satu warga di Desa Sumberejo, Kecamatan Besuki.

Di hadapan peternak, Bupati Dadang berpesan agar produktifitas kambing ditingkatkan dengan cara membuat kandang bersama dengan peternak lainnya atau kandang komunal.

"Jika pengelolaan dan pengembangan ternaknya dimanajemen dengan baik, maka saya yakin kesejahteraan bersama dapat diraih. Kelompok ternak  juga dapat bekerja sama dengan pemerintah desa untuk hal tersebut," kata bupati kepada peternak kambing.

Selanjutnya, Bupati, Ketua TP PKK dan tim penilai lomba desa melanjutkan pantauan dan penilaian ke Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang. (*)

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Situbondo TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close