Ini Jadwal Penerimaan Siswa Baru TK, SD, dan SMP di Kota Malang

Rabu, 06-06-2018 - 11:36 WIB Dinas Pendidikan Kota Malang secara resmi mengeluarkan jadwal penerimaan siswa baru jenjang TK, SD, dan SMP (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES) Dinas Pendidikan Kota Malang secara resmi mengeluarkan jadwal penerimaan siswa baru jenjang TK, SD, dan SMP (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Jadwal pelaksanaan penerimaan siswa baru resmi dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang, Rabu (6/6/2018).

Dari jenjang Sekolah Dasar (SD) jalur penerimaan hanya melalui offline atau istilahnya luring (luar jaringan).

Sedangkan, untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) semua sudah berbasis online atau istilahnya daring (dalam jaringan).

Ketua Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Malang Siti Ratnawati menjelaskan sosialisasi Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara resmi dikeluarkan mulai Rabu (6/6/2018) ini.

"Iya jadi banyak jadwal yang beredar di masyarakat sebelumnya dan yang benar ya yang sekarang kami buat edaran ini. Sosialisasi sendiri kami lakukan di media cetak dan elektronik," jelas dia. 

Ratna menjelaskan penerimaan siswa baru jenjang TK dan SD dibuka mulai tanggal 2 sampai 4 Juli 2018. Waktu pendaftaran mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Tanggal ini sama dengan penerimaan siswa baru untuk jenjang SMP jalur zona atau wilayah.

"Untuk yang penerimaan SMP jalur prestasi dimulai tanggal 7 sampai 8 Juni di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang. Jalur prestasi ini adalah siswa yang memiliki prestasi berjenjang misalnya olimpiade atau Olimpiade Sains Nasional (OSN). Dan prestasi yang disyaratkan untuk jalur ini minimal tingkat provinsi," papar Ratna. 

Lebih lanjut, untuk pendaftaran penerimaan SMP online jalur reguler dan prestasi yang sudah memiliki rekomendasi dibuka pada tanggal 9-11 Juli pada pukul 08.00 sampai 14.00 WIB.

Untuk jalur ini kuota mencapai 40% yang terdiri dari 35% lulusan dalam Kota Malang termasuk siswa berprestasi dan 5% untuk siswa domisili dan lulusan luar Kota Malang. 

Selain penerimaan reguler, Dinas Pendidikan juga membuka pendaftaran jalur inklusi.

Untuk jalur ini, jelas Ratna, adalah untuk siswa berkebutuhan khusus.

Pendaftaran inklusi untuk jenjang SMP dimulai pada tanggal 2 hingga 4 Juli. Adapun untuk pendaftaran di SMP Terbuka mulai tanggal 12 Juli. (*) 

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close