Lengkapi Pos Pelayanan Mudik, Dinas Cipta Karya Pasang Toilet Portable

Selasa, 12-06-2018 - 14:42 WIB Pemasangan toilet portable oleh petugas DPKPCK Kabupaten Malang untuk memberikan rasa nyaman pemudik yang membutuhkan fasilitas BAB dan kecil disepanjang perjalanan mudik. (Istimewa) Pemasangan toilet portable oleh petugas DPKPCK Kabupaten Malang untuk memberikan rasa nyaman pemudik yang membutuhkan fasilitas BAB dan kecil disepanjang perjalanan mudik. (Istimewa)

JATIMTIMES, MALANG – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang melihat adanya ruang kosong di berbagai pos pelayanan mudik lebaran. 

Ruang kosong tersebut merupakan ruang vital bagi para pemudik karena berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia saat berhasrat buang air besar (bab) maupun kecil. Setelah berjam-jam berkendaraan dan menempuh jarak jauh. 

Ruang kosong di berbagai pos pelayanan mudik inilah yang diisi oleh DPKPCK Kabupaten Malang dengan pemasangan toilet portable.

Toilet portabel adalah bilik portabel sederhana yang digunakan sebagai toilet kimia, biasanya digunakan sebagai toilet sementara di lokasi-lokasi acara maupun lainnya, dikarenakan daya tahan dan kenyamanannya. 

"Ini sebagai upaya kita melengkapi pos pelayanan mudik dengan fasilitas toiletnya. Karena tidak menutup kemungkinan para pemudik membutuhkannya saat diperjalanan," kata Kepala DPKPCK Kabupaten Malang Wahyu Hidayat,  Selasa (12/6/2018) kepada MalangTIMES. 

Pelayanan pemasangan toilet portable DPKPCK Kabupaten Malang, direncanakan akan berada diberbagai titik jalur mudik lebaran. Tapi,  untuk sementara ini,  kata Wahyu, masih dipasang tiga  unit toilet portable. 

"Masih tiga,  tapi tidak menutup kemungkinan akan bertambah di berbagai lokasi jalur mudik. Kita menunggu adanya permintaan dari pihak-pihak operasional di jalur mudik," ujar Wahyu yang  menyebutkan sepanjang jalan utama Lawang sampai dengan Kepanjen, tentunya masih banyak yang membutuhkan pemasangan toilet portable tersebut.  

Sikap menunggu dari DPKPCK Kabupaten Malang mengenai pemasangan toilet portable di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Limbah, menurut mantan Kadis Pengairan disebabkan urusan teknis saja. 

"Harus ada  yang  jaga di toilet portable untuk mengisi dan membersihkan toilet. Karenanya kita menunggu permintaan dari  pihak-pihak terkait. Dimana nantinya petugas berasal dari  mereka sendiri, kita toilet portablenya,"urai Wahyu. 

Untuk sementara waktu, petugas DPKPCK Kabupaten Malang yang kebagian tugas untuk menjaga tiga tiolet portable. "Masih dari kita petugasnya dan sistem shift saja,  mas," ujar Wahyu.  

Toilet portable merupakan salah satu program DPKPCK Kabupaten Malang dalam mewujudkan satu program strategis yang ada yaitu lingkungan hidup. Pengadaan toilet portable menjadi cukup penting dalam berbagai acara pemerintahan di berbagai pelosok desa.

Kini,  toilet portable difungsikan untuk kebutuhan pemudik lebaran yang diprediksi sudah mulai berdatangan ke wilayah Kabupaten Malang.

"Harapan kita pemudik bisa semakin nyaman dalam melakukan perjalanannya dengan adanya fasilitas toilet di berbagai pos pelayanan," pungkas Wahyu. 

Pewarta : dede Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close