Jalan Kota Malang Selama Lebaran Bakal Lancar, Angkutan Barang Dilarang Melintas

Kamis, 14-06-2018 - 14:34 WIB Ilustrasi petugas yang menghentikan truk barang (ist) Ilustrasi petugas yang menghentikan truk barang (ist)

JATIMTIMES, MALANGH-3 Lebaran 2018, kendaraan atau mobil-mobil barang dilarang melintas di Kota Malang. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas di Kota Malang agar tak terjadi kemacetan parah saat arus mudik.

Kepala Pengendalian dan Ketertiban (Daltib) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Reymond G. Matondang mengatakan, untuk pelarangan kendaraan barang tersebut, terdapat beberapa kategori pengecualian untuk beberapa jenis kendaraan barang. "Misalnya, kendaraan pengangkut logistik seperti sembako, gas, dan BBM, gas, pupuk, bahan pokok, ternak, susu murni, bahan antaran pos dan uang serta barang ekspor dan impor yang memang setiap saat dibutuhkan," beber dia.

Untuk kendaraan barang yang mendapatkan pelarangan melintas adalah kendaraan angkutan barang yang mempunyai sumbu tiga atau lebih, truk tempelan atau gandengan, serta kontainer yang memuat barang bangunan.

Pembatasan operasional tersebut akan dilakukan pada 12 Juni 2018 pada pukul 00.00 WIB sampai 14 Juni 2018 pukul 24.00 WIB.

"Ya kalau kendaraan barang, jalan-jalan yang sudah ditentukan seperti jalan nasional maupun jalan tol. Untuk angkutan yang pengecualian, ya tetap saja, boleh melintas sesuai aturan-aturan daerah. Biasanya kan juga ada jam-jamnya," ujar Reymond

Kemudian pembatasan operasional kendaraan barang  juga berlaku untuk arus balik Lebaran. Yakni pada 22 Juni 2018 pukul 00.00 WIB hingga 24 Juni 2018 pukul 24.00 WIB.

"Dengan begitu, bilamana terdapat kendaraan barang yang melintas pada tanggal yang sudah ditetapkan, akan dikenakan tindakan tegas berupa tilang atau kendaraan bisa dikandangkan," tandas dia. "Kalau untuk kendaraan barang di atas 14 ton, sudah tidak diperbolehkan untuk melintas semenjak H-10," imbuh Reymond. (*)

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close