Empat Makanan Selain Nasi Putih Ini Disukai Wong Tulungagung, Favoritmu yang Mana?

Selasa, 10-07-2018 - 20:10 WIB Nasi Tiwul, salah satu yang digemari masyarakat di Tulungagung (Foto : Istimewa/ TulungagungTIMES) Nasi Tiwul, salah satu yang digemari masyarakat di Tulungagung (Foto : Istimewa/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Sebagai orang Jawa, warga Tulungagung pada umumnya masih menyukai makanan yang secara turun temurun dikenal. Tidak semua jenis makanan modern disukai oleh masyarakat, justru banyak makanan yang dianggap kuno juga masih sering dinikmati dan bahkan menjadi idola.

Namun, ada juga yang suka makanan modern dan laris jika dijual di kota yang dikenal dengan kota Cethe ini. Makanan selain nasi putih, inilah makanan yang paling disukai "wong" Tulungagung.

1. Rujak

Rujak sering digemari oleh kaum hawa di Tulungagung, selain rasanya yang enak rujak biasanya juga dijadikan makanan untuk diet bagi para wanita. Makanya, jika ada rujak baik rujak uleg, rujak cingur hingga rujak petis hampir bisa dipastikan akan laris manis diserbu kaum ibu

2. Ampok

Nasi yang berasal dari jagung ini juga dikenal sebagai nasi yang rendah kolesterol, jadi banyak peminat yang akan mencari nasi ampok sebagai alternatif makanan di luar nasi putih yang disiapkan di rumah dan di kebanyakan rumah makan.

Di Tulungagung, nasi ampok sering dimakan bersama lodeh, kulup, agar dan ikan asin. Dengan rasa yang pedas, penikmat nasi ampok yang khas ini banyak dijumpai di Tulungagung.

Bahkan, jika telat datang ke warung khas ampok, banyak warga yang tidak kebagian karena nasi ampok adalah nasi yang laris manis dan cepat habis

3. Tiwul

Nyaris sama dengan Ampok, nasi tiwul yang berbahan dasar gaplek atau ketela kering masih menjadi daya tarik warga Tulungagung.

Nasi Tiwul ini paling lezat jika dimakan bersama ikan laut dengan olahan super pedas. Jika ada warung menyediakan makanan ini di kota marmer, dipastikan banyak pelanggan yang datang, dari kelas bos hingga kelas kuli banyak menyukai nasi tiwul ini.

4. Bakso

Makanan ini bukan makanan kuno, justru makanan ini tergolong satu makanan yang bukan khas di Tulungagung. Namun, penikmat makanan bakso sangat banyak di Tulungagung sehingga hampir setiap warung bakso bisa dipastikan laris.

Pelanggan bakso lebih banyak anak muda dan kini bakso banyak divariasi dengan berbagai nama dan modelnya. Ada bakso arema, solo, bakso beranak, bakso setan hingga bakso kotak dan bakso coklat.

Itulah empat makanan yang disukai warga Tulungagung selain nasi putih yang berbahan beras.

Anda mau mencoba, di kota kita Tulungagung ini tidak sulit mencari makanan tersebut.

Pewarta : Anang Basso
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close