Bupati Dadang Semangati Warga Gemar Baca

Rabu, 11-07-2018 - 13:59 WIB Bupati Dadang saat membuka bursa buku murah (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES) Bupati Dadang saat membuka bursa buku murah (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

JATIMTIMES, SITUBONDO – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Situbondo menggelar bursa buku murah dan menampilkan pameran foto-foto Kabupaten Situbondo pada zaman koloneal Belanda. Termasuk foto Presiden RI Pertama Ir. Soekarno yang hadir di pendopo kabupaten pada tahun 1951, Rabu (11/7/2018).

Pameran buku dan foto tempo dulu yang berlangsung di Gedung Olahraga Baluran Jl. PB. Sudirman Situbondo tersebut dibuka Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH dan dihadiri seluruh Kepala Organisisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Situbondo, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK serta tamu undangan lainnya.

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH dalam sambutannya mengatakan, bersyukur Dinas Perpustakaan dan Kearsip mampu bekerjasama dengan Gramedia untuk melaksanakan pameran buku murah. Karena  kegiatan pameran buku murah ini dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang handal.

"Untuk mengajari masyarakat gemar membaca buku memang sangat berat, namun jika kita secara terus menerus melakukan sosialisasi dan memotivasi masyarakat dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan yang tadinya masyarakat tidak mau membaca buku justru bisa terbalik gemar membaca. Untuk itu, mari kita bersama sana menggalakkan gemar membaca buku," kata bupati.

Rendahnya minat membaca buku, sambung Bupati Dadang, berawal dari lingkungan keluarga belum membudayakan baca buku di lingkungan keluarganya. "Untuk bisa menjadikan budaya membaca buku di lingkungan keluarga, maka kita membutuhkan kerja keras seluruh lapisan masyarakat termasuk stackholder di pemerintahan maupun lembaga-lembaga tentu yang terus menggelorakan semangat gemar membaca, " ujarnya.

Agar menjadi budaya, di setiap keluarga atau rumah tangga gemar membaca buku, imbuh bupati, harus tersedia buku-buku bacaan yang mampu menggugah minat baca bagi keluarganya. "Gemar membaca harus kita awali dengan niat untuk selalu belajar dan belajar. Namun demikian, agar masyarakat gemar membaca buku maka bisa kita lakukan tanpa mengenal lelah, salah satunya adalah menggelar kegiatan pameran buku ini," pungkasnya. (*)

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Situbondo TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close