Tekan Angka Pengangguran Pemkot Blitar Andalkan Bursa Kerja

Rabu, 11-07-2018 - 16:34 WIB Wakil Wali Kota Blitar Santoso menabuh gong, tanda bursa kerja 2018 dibuka.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES) Wakil Wali Kota Blitar Santoso menabuh gong, tanda bursa kerja 2018 dibuka.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur, kembali menggelar bursa kerja. Para pencari kerja bisa datang ke acara yang diselenggarakan salama dua hari, 11-12 Juli 2018, di Gedung Graha Patria Kota Blitar. Bursa kerja dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB

Bursa Kerja “Job Market Fair” Kota  Blitar 2018 dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, Rabu (11/7/2018).

Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, berharap bursa kerja yang digelar dapat menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya dari Kota Blitar. Diharapkan pula, bursa kerja yang digelar kali ini dapat memberikan keuntungan bagi seluruh pihak. Baik itu Pemkot Blitar,masyarakat dan perusahaan yang mencari karyawan dalam bursa kerja.
“Bursa kerja ini tentunya akan sangat membantu warga Kota Blitar yang belum mendapat pekerjaan. Pencari kerja harus memanfaatkan bursa kerja ini sebaik-baiknya. Saya berharap dalam dua hari ini sudah ada finalisasi, bila diterima kerja mereka akan ditempatkan dimana,” kata Santoso.

Bursa kerja yang digelar itu diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran terbuka di Kota Blitar. Oleh sebab itu, warga Kota Blitar harus benar-benar memanfaatkan bursa kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan kemampuannya masing-masing.

Wakil Wali Kota Blitar Santoso meninjau stand peserta Bursa Kerja.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

“Kami berharap bursa kerja dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Blitar. Bursa kerja ini rutin kita gelar setiap tahun,” ucapnya.

Suharyono Kepala Dinas Penanaman Modal,  Dinas Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar menjelaskan, Bursa kerja “Job Market Fair” Kota Blitar 2018 diikuti 40 perusahaan lokal, regional Jawa Timur dan nasional. Dari total 40 perusahaan tersedia sebanyak 1.300 lebih lowongan pekerjaan. Dari jumlah tersebut ditargetkan terserap sebanyak 500 pekerja dari Kota Blitar. "Kita targetkan 500 pencari kerja dari Kota Blitar mendapatkan pekerjaan dalam bursa kerja ini," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar, Suharyono.

Menurut Suharyono, di Kota Blitar angka pengangguran berada di angka 2700. Jumlah ini sejauh jauh lebih kecil dari daerah lain di Jawa Timur.Meski begitu Pemkot terus mengantisipasi agar angka pengangguran tidak melonjak. Karena setiap tahun pasti ada lulusan SMA dan sarjana yang mencari pekerjaan.

“Bursa kerja yang rutin digelar ini, kami berharap bisa memangkas jumlah pengangguran. Bursa kerja ini kita gelar tepat di musim jelang masa ajaran baru, agar siswa yang baru lulus SMA/SMK dapat memanfaatkan bursa kerja ini untuk mencari pekerjaan,” tandasnya.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close