Menjadi Penyuplai Telur ke DKI Jakarta, Kabupaten Blitar Gandeng 3 Kota Penyuplai Pakan di Sulawesi

Rabu, 11-07-2018 - 16:40 WIB Bupati Blitar Rijanto saat mengungkapkan kerjasama untuk stabilitas pakan ayam. (Foto:Meidian Dona Doni/BlitarTIMES) Bupati Blitar Rijanto saat mengungkapkan kerjasama untuk stabilitas pakan ayam. (Foto:Meidian Dona Doni/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Pemerintah Kabupaten Blitar telah menjalin kerjasama (MoU) dengan Pemprov DKI Jakarta dalam pemenuhan komoditas telur hingga 250 ton telur perhari. Diluar itu ada hal yang diperhatikan yakni kebutuhan pakan untuk ayam petelur. Karena kebutuhan pakan juga cukup demi mengoptimalkan jumlah telur yang dihasilkan ayam.

“Sebelum ada MoU dengan Pemprov DKI Jakarta kita melakukan pertemuan dengan Deputi Menko Perekonomian membahas tentang kestabilan harga bahan pakan ayam di Kabupaten Blitar,” ungkap Bupati Blitar, Rijanto, Selasa (10/7/2018).

Bupati menerangkan pakan ayam petelur ini bahan utamanya adalah jagung. Untuk pemenuhan komoditi ini rupaya Kabupaten Blitar juga menggandeng daerah penghasil jagung terbanyak di Indonesia.

”Ada tiga kabupaten di Sulawesi yang akan kita fokuskan untuk menjalin kerjasama yaitu Kabupaten Tola-Toli, Kabupaten Mamuju, dan Kabupaten Majene,” kata Bupati.

Dijelaskan, alasan pihaknya memilih tiga kabupaten tersebut lantaran hasil jagung di tiga kabupaten di Sulawesi itu hasilnya sangat melimpah.

”Jagung disana melimpah, tiga kabupaten itu butuh telur dan Kabupaten Blitar butuh jagung. Nanti akan kita bangun kerjasama tukar menukar bahan baku jagung dengan telur,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Rijianto mengatakan akan mengundang ketiga bupati itu ke Blitar pada ranggal 29 Juli 2019 mendatang.

“Melalui Menko Perekonomian ketiga bupati itu akan diundang ke Kabupaten Blitar untuk membahas kerjasama yang akan kita bangun,” pungkasnya. (*)

 

Pewarta : Meidian Dona Doni
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close