Buka Diklat Kepemimpinan, Plt Wali Kota Malang Beber Ciri Pegawai Negeri Zaman Now

Rabu, 11-07-2018 - 19:14 WIB Plt Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan dalam pembukaan Diklat PIM. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES) Plt Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan dalam pembukaan Diklat PIM. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Karakteristik pegawai negeri atau aparatur sipil negara (ASN) zaman now alias zaman sekarang harus berubah. Tak lagi menjadi pekerja yang datang, tanda tangan presensi, lalu pulang.

Tuntutan tersebut dibeber dalam pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 201 Badan Diklat Provinsi Jawa Timur di Pemerintah Kota Malang Tahun 2018.

Bertempat di PSBB MAN 2 eks MAN 3 Malang,  kegiatan diklat kepemimpinan tersebut diikuti puluhan peserta. Kegiatan pembukaan itu dihadiri oleh Plt Wali Kota Malang Sutiaji, Sekretaris Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Sucipto, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Anita Sukmawati.

Sekretaris Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Sucipto menyampaikan selamat kepada para peserta diklat. Dia juga menjelaskan bahwa pada saat ini tantangan yang dihadapi oleh pemerintah adalah tantangan lokal hingga global. Di antaranya adalah tuntutan masyarakat terkait perbaikan nasib meliputi kemiskinan, SDM, pelayanan, serta kualitas sumber daya ASN.

"Dengan berbagai tantangan yang dihadapi, maka pemerintah harus menciptakan pemimpin-pemimpin yang transformatif. Khususnya yang memiliki inteligence quotient, emosional quotient, serta physical quotient yang bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," ujarnya.

Plt Wali Kota Malang Sutiaji dalam sambutannya juga menyampaikan ASN ke depannya harus futuristik, inovatif, dan akulturatif. Dalam hal ini, mengarah kepada kompetensi dan profesionalisme dalam konteks pelayanan kepada masyarakat.

"Kita tidak butuh superman tapi butuh super tim antara OPD satu dengan yang lainnya harus dapat bekerjasama dengan baik dan hilangkan rasa berburuk sangka antar ASN," tegas Sutiaji.

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close