Buntut Pengrusakan Fasilitas Alun-Alun, Warga Minta Pemkab Pasang CCTV

Kamis, 12-07-2018 - 07:42 WIB Kursi dan lampu taman yang dirusak orang tak dikenal (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES) Kursi dan lampu taman yang dirusak orang tak dikenal (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Buntut pengrusakan sejumlah fasilitas umum di Alun-Alun Lumajang yang terjadi selama sepekan terakhir, masyarakat meminta kepada Pemkab untuk segera memasang CCTV di berbagai sudut Alun-Alun Lumajang.

Selain disampaikan warga melalui media sosial, permintaan untuk dipasangnya CCTV ini juga disampaikan oleh warga yang datang ke Alun-Alun Lumajang. Diharapkan melalui pemasangan CCTV ini dapat menimbulkan efek jera kepada pelaku pengrusakan, jika ulahnya diketahui, termasuk diminta untuk mengganti kerusakan yang terjadi.

"Kalau ada CCTV-nya, pelaku pengrusakan harus diberikan sangsi, videonya diunggah ke media sosial, dan pelakunya diminta untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi," kata Ratna, salah seorang warga Lumajang, yang ditemui media ini di Alun-Alun Lumajang, Rabu malam (11/7).

Hal senada juga diamini oleh sejumlah pengunjung Alun-Alun Lumajang, yang berharap CCTV dapat memberikan informasi penting kepada masyarakat terhadap seluruh prilaku warga selama berada di Alun-Alun Lumajang.

"Bukan hanya yang merusak mas, kalau ada warga yang membuang sampah sembarangan di Alun-Alun Lumajang, sebaiknya wajahnya juga diunggah di media sosial agar ada efek jera," jelas pengunjung lainnya.

Alun-Alun Lumajang selama hampir dua tahun terakhir ini memang mengalami pembenahan yang cukup bagus. Pada sudut sebelah timur laut dipasang air mancur menari. Sedangkan di sisi timur diberi gerbang yang cukup menarik.

Pada semua sudut lainnya juga dipasang air mancur, bahkan sebagian diantaranya dipasang lampur hias pada setiap air mancur yang ada. Sisi barat yang berhadapan dengan masjid Agung Lumajang juga dipasang taman bernuasan Kaligrafi, disamping arena bermain lainnya.

Pada sisi selatan terhadap pentas terbuka yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan sebagai ajang kreasi anak muda Lumajang. Bahkan sebuah lampu hias yang menyala bergerak juga dipasang diarea bermain disisi selatan.

"Kita sudah melaporkan semua kerusakan yang terjadi kepada Pak Bupati untuk mendapatkan arahan terkait dengan kerusakan ini," kata Yuli Haris, Kabid Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang. 

Sebagaimana ditulis media ini sebelumnya, salah satu kursi taman dirusak orang tak dikenal, sebuah lampu hias dipecahkan, bahkan candi yang berada di sisi utara juga mengalami kerusakan karena ulah tangan jahil yang tidak peduli dengan keindahan kota, khususnya Alun-Alun Lumajang.   

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close