Peredaran Narkoba Tinggi, Puluhan Pelajar Direhabilitasi

Jum'at, 13-07-2018 - 11:21 WIB Kepala BNNK Tulungagung, AKBP Djoko Purnomo (tengah) (foto : Joko Pramono/TulungagungTIMES) Kepala BNNK Tulungagung, AKBP Djoko Purnomo (tengah) (foto : Joko Pramono/TulungagungTIMES)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Peradaran narkoba di Tulungagung cukup tinggi. Betapa tidak, dalam kurun waktu awal tahun 2018 hingga bulan Juni 2018 ini sudah ada 42 pelajar yang direhabilitasi oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tulungagung.

“Di Tulungagung banyak peredaran narkoba, buktinya banyak pelajar yang sudah kita rehabilitasi atau kita sembuhkan dari ketergantunganya terhadap narkoba,” ujar Kepala BNNK Tulungagung, AKBP Djoko Purnomo.

Tak tanggung-tanggung, sudah ada puluhan pelajar yang menjalani rehabilitasi narkoba hanya dalam kurun waktu setengah tahun di tahun 2018 ini.

“Sudah 42 pelajar yang kita rehabilitasi,” imbuh pria yang akrab dipanggil Djoko itu.

Kesemua pelajar itu masih duduk di Sekolah Menengah Pertama. Mereka pada umumnya mengkonsumsi narkoba jenis double L, berbeda dengan orang dewasa yang biasanya mengkonsumsi narkoba jenis psikotropika.

“Biasanya para pelajar mengkonsumsi narkoba jenis doubel L,” kata pria ramah itu lebih lanjut.

Untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba di tingkat pelajar, pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan sejumlah LSM untuk bersama-sama mengawasi penyalahgunaan narkoba.

“Kita sudah sosialisasi ke masyarakat dan LSM untuk ikut mengawasi penyalahgunaan narkoba,” kata Djoko.

Dari ke 42 pelajar yang menjalani rehabilitasi di BNNK Tulungagung, 3 diantaranya sudah dalam status kecanduan berat. Untuk pecandu berat, mereka harus menjalani rawat inap. Berbeda dengan pecandu ringan sampai sedang, penanganan mereka dilakukan dengan jalan konseling.

“3 diantaranya pecandu berat, untuk pecandu berat harus rawat inap,” ujar Djoko.

Untuk  pasien narkoba rawat inap, pihak BNNK Tulungagung bekerja sama dengan RSJ yang ada di Lawang.

“Kalau rawat inap kita bekerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa Lawang, mereka akan kita kirim ke sana,” pungkas Djoko.

 

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close