Legalisir KTP, KK, dan Akta Kelahiran Membeludak, Dispendukcapil Buka Loket Baru

Kamis, 11-10-2018 - 14:57 WIB Petugas Dispendukcapil Pemkab Blitar melayani pemohon legalisir di loket baru.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES) Petugas Dispendukcapil Pemkab Blitar melayani pemohon legalisir di loket baru.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Sejak dibukanya penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, hingga kementrian,  permintaan pengurusan legalisis KTP elektronik, KK dan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Blitar membeludak.

Kasi Kasi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Informasi Dispendukcapil Pemkab Blitar Zulham Hakim mengatakan pengurusan legalisir mengalami peningkatan.Dalam satu hari rata-rata Dispendukcapil melayani kurang lebih 250 pemohon legalisir.

“Rata-rata itu sekitar 250 orang lebih. Permohonan legalisir kita batasi satu dokumen lima lembar. Jadi lima lembar KTP, lima lembar akta kelahiran dan lima lembar kartu keluarga,” jelas Zulham.

Dispendukcapil siap memberikan pelayanan optimal terhadap masyarakat yang datang untuk mengurus keperluan tersebut. Pihaknya memastikan permohonan legalisir ini jadi dalam waktu satu hari. Legalisir masuk pelayanan one day service. Pagi berkas masuk dan siangnya sudah bisa diambil.

"Tentunya kita bersama dengan petugas yang ada di Dispendukcapil selalu melayani masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya. Pemohon cukup banyak dan berjubel. Kami mohon maaf bila sarana dan prasarana belum memadai. Kami mohon masyarakat untuk bersabar karena kita juga bekerja maksimal,” katanya.

Jumlah pemohon legalisir meningkat 200 persen dibanding hari-hari sebelumnya. Dispendukcapil mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu datang waktu shubuh dan termakan isu-isu belum jelas asalnya.

“Pencari legalisir tidak perlu antri terlalu pagi. Mencari legalisir tidak perlu datang shubuh, tetap kita layani pada waktu jam pelayanan mulai jam 07.30 hingga 14.30. Sebagai bentuk ketanggapan kami terhadap rekrutmen CPNS, untuk pencari legalisir kami siapkan loket baru untuk optimalisasi pelayanan,” jelas Hakim.

Dispendukcapil berpesan kepada masyarakat pencari legalisir. Untuk KTP dan KK dijadikan satu map. Untuk KTP tidak perlu aslinya dilampirkan. KK yang dilampirkan harus KK asli milik kepala keluarga, bukan akta arsip desa/kelurahan atau kecamatan. Sementara akta kelahiran harus dilampirkan aslinya sebagai antisipasi akta palsu. “KTP dan KK jadi satu map. Sementara untuk akta kelahiran mapnya dipisah,” pungkasnya. (*)‚Äč

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close