Musim Kampanye, Begini Aturan Main Pemasangan APK

Kamis, 11-10-2018 - 15:58 WIB Ilustrasi.(Foto : Goggle Images) Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

JATIMTIMES, BLITAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar mengingatkan kepada peserta pemilu serentak terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Komisioner KPU Kota Blitar Ummu Chairu Wardani mengatakan, pasangan calon presiden dan wakil presiden serta partai politik masing-masing mendapatkan suplai 10 baliho dan 16 spanduk. Sedangkan calon dewan perwakilan daerah (DPD) mendapatkan 10 spanduk.

"Jadi itu yang kami fasilitasi. Desainnya diserahkan ke masing-masing peserta pemilu. Kami hanya memfasilitasi untuk mencetak. Nanti untuk pemasangan, perawatan dan penurunannya tanggung jawab peserta pemilu," kata dia kepada BLITARTIMES, Kamis (11/10/2018).

KPU Kota Blitar, sambung Ummu, menyuplai anggaran pencetakan APK kepada peserta pemilu. Di samping itu, pihaknya menekankan kepada setiap peserta pemilu untuk mentaati aturan pemasangan APK di beberapa tempat yang tidak menyalahi aturan tata ruang daerah (Kota Blitar).

"Sesuai dengan Perwali (Peraturan Wali Kota Blitar) Nomor 23 Tahun 2017, tempat yang tidak boleh digunakan pemasangan APK adalah gedung milik pemerintah, sekolah, taman kota, tempat ibadah dan kawasan sekitar tempat pemakaman umum (TPU)," jelasnya sembari mengimbuhkan APK tambahan hanya dicetak oleh peserta pemilu.

Disebutkan, tiap peserta pemilu memasang baliho di setiap kelurahan sebanyak maksimal 5 buah. Kemudian spanduk makimal 10 buah. "Sedangkan untuk videotron dan bilboard maksimalnya ada dua oleh peserta pemilu," ungkap dia. (*)‚Äč

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close