Bupati Jember Siapkan Asuransi Kesehatan dan Beasiswa bagi Hafiz Alquran

Kamis, 11-10-2018 - 16:32 WIB Bupati Jember dr Hj Faida MMR saat mengunjungi salah satu pondok pesantren di Jember beberapa waktu yang lalu. (foto : dr. Faida for Jatimtimes) Bupati Jember dr Hj Faida MMR saat mengunjungi salah satu pondok pesantren di Jember beberapa waktu yang lalu. (foto : dr. Faida for Jatimtimes)

JATIMTIMES, JEMBER – Bupati Jember dr Hj Faida MMR memberikan kabar gembira kepada santri pondok pesantren yang hafal Alquran minimal 1 juz dan ber-KTP Jember. Kabar gembira yang dikhususkan untuk santriwan dan santriwati ini adalah asuransi kesehatan dan beasiswa bagi mereka yang hafal Alquran minimal 1 juz.

Hal itu disampaikan bupati usai mengunjungi salah satu pesantren di Jember. “Pemkab siap menganggarkan program asuransi dan beasiswa bagi warga Jember yang hafal Alquran minimal satu juz. Beasiswa ini diberikan mulai dari tingkat SD/MI hingga jenjang kuliah S3. Meskipun bukan santri asal hafal Alquran dan ber-KTP Jember, silakan mengajukan surat permohonan beasiswa. Suratnya ditujukan ke bupati dan di kirim ke sekretariat pendapa bupati,” ujar Faida Kamis (11/10/2018).

Faida menyampaikan bahwa untuk mendapatkan asuransi kesehatan dan beasiswa ini, syaratnya mudah: hanya melampirkan surat keterangan hafal Alquran dari penguji baik dari lembaga tahfiz maupun dari tim penguji/pengasuh pondok pesantren.
“Pemohon beasiswa melengkapi biodata berikut kartu identitas anak (KIA) bagi yang usianya kurang 17 tahun dan KTP bagi usia 17 tahun ke atas, kartu keluarga (KK) , KTP orang tua dan nama ibu kandung (untuk pembuatan buku rekening bank). Dalam amplop catumkan kode hafiz dan hafizah serta nomor HP yang bisa dihubungi,” ujar perempuan yang pernah meraih pemghargaan Satya Lencana dari presiden itu.

Faida menambahkan, pengajuan akan diverifikasi setiap akhir bulan dan calon penerima beasiswa khusus untuk hafiz dan hafizah akan diumumkan secara terbuka di media cetak untuk dilakukan uji publik sebagai kontrol masyarakat bahwa benar benar penerima beasiswa adalah hafiz dan hafizah. “Bagi lembaga tahfiz Quran bisa mendaftarkan calon penerima secara kolektif,” ungkapnya.

Tujuan pemberian beasiswa ini karena pihaknya ingin mewujudkan generasi Qurani. “Membangun Jember sejatinya membangun sumber daya manusia,” ucapnya. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Jember TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close