SMAN 1 Kota Blitar Gelar Pemilihan Ketua OSIS Layaknya Pemilu

Kamis, 11-10-2018 - 16:55 WIB Siswa SMAN 1 Kota Blitar antusias menyukseskan pemilihan ketua OSIS.(Foto : Ist) Siswa SMAN 1 Kota Blitar antusias menyukseskan pemilihan ketua OSIS.(Foto : Ist)

JATIMTIMES, BLITAR – Siswa SMA Negeri 1 Kota Blitar menggelar pesta demokrasi pemilihan calon ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2018/2019, Kamis (11/10/2018). Pemilihan yang dihelat di halaman sekolah itu berlansung layaknya pemilihan umum.

Ada tiga pasangan calon yang bersaing dalam pemilihan ketua OSIS. Seluruh warga sekolah terlibat dalam pemilihan. Yang mencoblos tak hanya siswa. Guru dan staf SMAN 1 juga ikut mencoblos.

Ada tiga TPS yang didirikan di halam depan sekolah. Masing-masing TPS terdapat bilik suara dan kotak suara. Sejumlah siswa yang menjadi petugas pemungutan suara tampak sibuk melayani calon pemilih. Sebagian petugas mencatat undangan dari calon pemilih.

"Penyelenggara pemilihan ketua OSIS semua dari siswa. Kami melakukan persiapan sejak September lalu," kata Azkia Kamila (17), ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK), selaku penyelenggara pemilihan ketua OSIS di SMAN 1 Kota Blitar.

Proses pemilihan juga berlangsung demokratis. Selain siswa, para guru dan karyawan sekolah juga punya hak pilih. Para calon pemilih mendapat undangan dari panitia untuk datang ke TPS. Saat di TPS, para pemilih mendapatkan surat suara untuk dicoblos. Selesai mencoblos, jari para pemilih juga ditandai dengan tinta.

Pembina MPK SMAN 1 Kota Blitar Maria Martarina S, dikutip dari Tribunnews.com mengatakan, proses pemilihan ketua OSIS secara langaung sudah berjalan tiga kali ini. Pemilihan ketua OSIS secara langsung ini sebagai bentuk pembelajaran siswa tentang berdemokrasi.

Sekolah juga menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pelaksanaan pemilihan ketua OSIS. Perlengkapan untuk pemungutan suara seperti kota suara dan bilik suara pinjam dari KPU.
"Proses pemilihannya memang kami desain semirip mungkin dengan Pemilu. Semua penyelenggaranya dari siswa. Guru dan petugas KPU hanya mendampingi," katanya.

Ajang pemilihan Ketua OSIS ini SMAN 1 Kota Blitar menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar. Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi, Ummu Chairu Wardhani, menjelaskan pemilihan ketua OSIS ini pihaknya memberikan pendampingan sekaligus sosialisasikan pentingnya berparstisipasi di dalam pemilihan umum (pemilu) kepada siswa siswi di SMAN 1 Kota Blitar.

"Ini dalam rangka pendampingan dan sosialisasi dalam pelaksanaan pemilu, kalau sekarang juga bertepatan dengan pemilos (Pemilihan Ketua Osis SMAN 1 Kota Blitar). Karena mereka ingin tahu bagaimana cara memilih dan dipilih yang benar," ucap Ummu Chairu Wardani.

Pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMAN 1 Kota Blitar, kata dia, menjadi ajang siswa belajar berdemokrasi. Proses pemilihan ketua OSIS dikemas mirip dengan pemilihan umum (Pemilu).

Para siswa menyalurkan suara dalam pemilihan ketua OSIS di sekolah itu. Layaknya pemilu, para siswa menunggu giliran untuk mencoblos calon ketua OSIS pilihannya.

"Harapannya nanti setelah mereka lulus sekolah, dia punya pengalaman menjadi pemilih dan penyelenggara pemilihan meski," katanya.

Dia juga menyampaikan bagaimana asas pelaksanaan pemilihan yang jujur, adil dan demokratis.

"Juga bagaimana kesetaraan dalam pemilihan kita sampaikan dan kami tekankan, agar mereka mengetahui substansi proses berdemokrasi dalam pemilihan," pungkasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close