Dua KK Asal Blitar Akan Ditransmigrasi ke Sulawesi Tengah

Jum'at, 12-10-2018 - 15:10 WIB Ilustrasi.(Foto : Goggle Images) Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

JATIMTIMES, BLITAR – Dua Kapala Keluarga (KK) asal Kabupaten Blitar akan ditransmigrasi ke Kabupaten Tojo Una-una Provinsi Sulawesi Tengah. Transmigrasi terhadap 2 KK tersebut, rencananya dilakukan akhir 2018 ini.

"Lokasi penempatan ditentukan pemerintah pusat. Sedangkan mekanisme pemberian jumlah kuota diawali dari pemberian kuota pemerintah pusat ke provinsi, kemudian provinsi membaginya ke daerah-daerahnya," kata Kepala Bidang Pelatihan Kerja Produktivitas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Pemkab Blitar, Abit, saat ditemui di kantornya, Jumat (12/09/2018).

Pada tahun ini, Kabupaten Blitar hanya mendapatkan kuota 2 KK. Dimana yang berhak menentukan jumlah kuota adalah Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pemberangkatan kepada 2 KK dimulai dari penjemputan di rumahnya, kemudian akan diantar hingga Surabaya. Dari situ, akan diambil alih pemerintah provinsi sampai lokasi tujuan.

"Jadi kita hanya mempunyai anggaran Rp 35 juta. Dana itu juga kita gunakan untuk proses pemberangkatan 2 KK tersebut, mulai dari konsumsi hingga sewa kendaraan menuju Surabaya," ujarnya.

Setiap tahun, sambung dia, hanya sekali melakukan transmigrasi. Namun dari tahun 2004, kuota yang didapatkan Kabupaten Blitar terus berkurang. Terakhir, 2017 lalu hanya mendapat jatah 3 KK, dan tahun ini berkurang menjadi 2 KK.

Sedangkan animo masyarakat untuk melakukan transmigrasi cukup besar. Terbukti, hingga saat ini data pendaftar transmigrasi sudah mencapai 51 KK.

"Data itu sudah termasuk tahun-tahun sebelumnya. Kita sebenarnya sedikit takut juga untuk gencar melakukan sosialisasi, karena jumlah kuota yang didapat sangat minim," imbuhnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close