Buat Kamu Gitaris Pemula, Yuk Kepoin Rekomendasi Ini Sebelum Kamu Beli Gitar

Jum'at, 12-10-2018 - 17:49 WIB Salah seorang pecinta musik berpose di toko gitar milik Adi Casta.(Foto : Team BlitarTIMES) Salah seorang pecinta musik berpose di toko gitar milik Adi Casta.(Foto : Team BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Memang bagi pecinta maupun pelaku musik pastinya menginginkan totalitas dalam bermusik. Seperti halnya pemain alat musik gitar, atau lazim disebut gitaris, sudah barang tentu mesti berharap gitar yang ia beli berkualitas baik.

Owner sebuah toko gitar sekaligus gitaris di Blitar, Adi Casta, mengatakan, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan oleh seorang gitaris pemula ketika akan membeli gitar.

"Saya sudah sebelas tahun main gitar dan sekarang punya store sendiri. Jadi singkatnya saran saya buat yang pemula, sebelum beli, budget tentu pertimbangan yang pertama yah. Terus bahan atau jenis kayu, pick up, ketebalan leher gitar dan terakhir carilah gitar yang senar sama freatboard nya dekat sama senar, soalnya kalau dia deket hasil suaranya lebih bagus," jelas Adi kepada BLITARTIMES, Jumat (12/10/2018) sore.

Soal anggaran (budget) yang dibutuhkan untuk membeli gitar elektrik, kata Adi, ini sangat penting. Menyesuaikan keuangan dengan gitar yang ingin dibeli itu menjadi pokok yang utama.

Bagi sebagian orang yang memiliki budget berlebih, gitar elektrik yang mahal dapat menjadi referensi. Selain itu kualitas yang dihasilkan juga lebih baik.

"Kalau budget minim, Anda harus menyesuaikan dengan keperluan-keperluan yang lain," katanya.

Saran kedua, yakni jenis kayu gitar. Untuk badan gitar, sambung Adi, pilih yang berbahan kayu berjenis Alder. Sebab, kayu ini punya karakter suara yang paling baik. Selain Alder, bisa memilih kayu Mahoni. Kayu ini bisa menghasilkan karakter suara yang beresonansi kuat.

"Hindari gitar yang badannya berbahan Poplar. Harganya emang terjangkau tapi suaranya kurang bagus," sarannya.

Contoh merk gitar berbahan kayu Mahoni atau Alder, kata Adi, yakni merk gitar PRS yang berharga sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta.

Rekomendasi membeli gitar ketiga, adalah Pick Up gitar. Pick up gitar adalah bagian anggota tubuh gitar yang melekat di badan gitar. Gitaris pasti udah tahu apa itu pickup, jadi nggak perlu saya jelaskan lagi.

"Untuk bisa memainkan berbagai genre musik, pilih kombinasi pickup H-S-S. Pickup Humbucker karakter suaranya warm, cocok untuk distorsi yang tebal dan mantap. Sedangkan Single Coil karakter suaranya jernih, cocok untuk main clean yang manis," rekomnya.

Dengan kombinasi H-S-S, menurutnya, bisa dibuat genre pop, jazz, blues, rock, bahkan dangdut.

Saran keempat, terkait ketebalan leher gitar. Menurut arahannya, pilih gitar yang memiliki leher gitar yang sesuai dengan jari dan tangan saat memainkan gitar.

"Karena leher gitar yang terlalu besar, dapat menyebabkan tangan merasa tidak nyaman dan mudah pegal. Sesuaikan tebal leher gitar dengan jari dan tangan, membuat Anda akan merasa nyaman menggunakannya dan musik yang dihasilkan menjadi berkualitas," ujarnya.

Pesan terakhir, perhatikan Freatboard atau garis yang melekat di leher gitar dengan senar.

"Jarak antara senar dan fretboard dapat memengaruhi suara yang dihasilkan. Perhatikan jarak antar keduanya, apakah terlalu dekat atau terlalu tinggi. Kalau untuk gitar elektrik, pilih yang senar sama freat nya dekat. Soalnya bisa memudahkan ketika memainkan semua teknik bermain gitar," tuntasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close