Jelang Operasi Di India, Ini yang Harus Disiapkan Nabila dan Keluarganya

Kamis, 08-11-2018 - 17:52 WIB Nabila beberapa saat setelah operasi gigi beberapa minggu lalu. (Foto: Pawitra/AMS/JatimTIMES) Nabila beberapa saat setelah operasi gigi beberapa minggu lalu. (Foto: Pawitra/AMS/JatimTIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Kisah perjalanan Nabila Eka Anggraini, gadis cilik 4 tahun dari Dusun Karanganyar, Desa Burno, Senduro ini memang mengundang simpati dari banyak pihak. 

Nabila yang terlahir dengan kelainan jantung (Sindrom Bayi Biru) atau Tetralogy of Fallot (TOF) + Anomaly RCA ini mendapat kesempatan untuk dioperasi di India.

Nabila akan ditangani langsung oleh Prof. dr. Krishna Kumar (MD, DM, FACC, FAHA) di Amrita Hospitals India, atas fasilitasi dari Little Heart Foundation, sebuah yayasan yang concern pada penyakit jantung terutama bagi orang-orang tidak mampu.

"Teman-teman AMS tadi pagi juga ke rumah keluarga Nabila di Senduro, untuk ikut menyiapkan sejumlah barang yang harus dibawa ke India. Termasuk pakaian, obat-obatan pribadi, termasuk makanan kering seperti srundeng dan keringan tempe," papar Firman Wahyudi dari Adventure Makelar Surga, Kamis (8/11/2018).

"Nabila hari Minggu malam akan ke Lumajang, kemudian hari Senin pagi akan berangkat ke Surabaya dengan didampingi keluarga dan relawan AMS, menggunakan kendaraan yang sudah disediakan oleh Pemkab Lumajang," tambah Firman.

Firman dan istrinya, Niken, yang juga salah satu founder AMS juga berencana untuk mendahului berangkat ke Surabaya besok hari Jumat.

Pasangan pengusaha sekaligus pegiat sosial ini akan berkoordinasi dengan pihak Little Heart Foundation terkait persiapan pemberangkatan Nabila ke India, termasuk kelengkapan dokumen, barang yang harus dibawa, termasuk biaya operasi Nabila di India.

"Kalau untuk kelengkapan dokumen dan persyaratan lain Insyallah sudah lengkap semua. Senin malam seluruh pasien, keluarga dan relawan yang mendampingi ke India akan mengadakan technical meeting bersama Little Heart Foundation," lanjut pengusaha komputer ini.

Ada 5 pasien yang diberangkatkan untuk operasi jantung di Amrita Hospitals, termasuk Nabila.

Juga ada 10 orang termasuk keluarga dan relawan pendamping dari Little Heart Foundation, jadi ada 15 orang yang akan berangkat ke India.

"Karena sifatnya sosial, mereka yang berangkat ke India juga membawa sejumlah bekal makanan dari Indonesia, termasuk rice cooker. Karena bisa sampai 2 - 3 minggu mereka berada di sana dan akan memasak sendiri untuk kebutuhan makan sehari-hari. Selanjutnya untuk komunikasi kami via grup WhatsApp," lanjutnya.

Seluruh rombongan pasien dan relawan dari Indonesia ini dijadwalkan berangkat dari bandara Juanda Surabaya hari Selasa (13/11/2018) pukul 10 pagi, pesawat akan transit di Kuala Lumpur sekitar 8 jam sebelum kemudian bertolak ke Kochi, India.

Sejauh ini Adventure Makelar Surga (AMS) sudah berhasil mengumpulkan dana lebih dari 58 juta Rupiah untuk Nabila. Untuk operasi gigi sejumlah 5 juta sudah dikeluarkan, dan 40 juta Rupiah diserahkan kepada pihak Amrita Hospitals melalui Little Heart Foundation untuk persiapan operasi Nabila yang diperkirakan akan menelan biaya lebih dari 87 juta Rupiah. 

Biaya tersebut juga akan diperkirakan akan membengkak dengan penggunaan alat ECMO sebagai pengganti jantung sementara.

"Alhamdulillah, tadi juga ada tambahan donasi dari teman-teman Lumajang Peduli Nabila (Lupena) sebesar Rp. 16.950.000. Ini sungguh seperti keajaiban karena bantuan terus mengalir dari berbagai elemen warga, termasuk Pemkab Lumajang," tutup Firman Wahyudi.

Pewarta : Pawitra Huda Pradana
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Lumajang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close