Ramaikan HUT ke-17 Kota Batu, Para Ibu PKK Lomba Racik Sego Empog

Jum'at, 09-11-2018 - 07:15 WIB Dari kiri ke kanan: Wibi Punjul Santoso, Wawali Kota Batu Punjul Santoso, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sedang memotong secara simbolis tumpeng sego empog. (Foto: diskominfo) Dari kiri ke kanan: Wibi Punjul Santoso, Wawali Kota Batu Punjul Santoso, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sedang memotong secara simbolis tumpeng sego empog. (Foto: diskominfo)

JATIMTIMES, BATU – Tim Penggerak PKK Kota Batu meramaikan HUT ke-17 Kota Batu dengan mengadakan Festival Sego Empog di Balaikota Among Tani, Kamis (08/11/2018). Panitia menyediakan 3.000 sego empog murah untuk warga dan wisatawan yang hadir. 

Ada 28 tim peserta dari desa dan kelurahan yang berlomba meracik sego empog paling enak. Mereka adu kebolehan memasak nasi jagung itu dengan ragam bumbu khas mereka. Adu kepiawaian memasak dilanjutkan dengan lomba menghias tumpeng sego empog.

Selain menyediakan sego empog, acara juga diramaikan 1.300 penari sanduk dari Kota Batu. Antusiasme peserta semakin tinggi dengan adanya gebyar pendidikan non formal dan dibukanya stan bunga hias. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengapresiasi ide dan gagasan dari tim pengerak PKK Kota Batu dengan menggelar festival sego empog.

”Festival Sego Empog 2018 ini tidak hanya ajang lomba. Tapi akan menjadi tradisi di tahun mendatang. Saya terima kasih kepada ketua tim pengerak PKK Batu yang punya inisiatif bagus. Semoga acara berjalan lancar," kata Dewanti Rumpoko. 

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Wibi Asri Punjul Santoso menyatakan, sego empog  yang disajikan lengkap dengan sayur pedas, bumbu bali dan rempeyek. Nasi putih dengan campuran jagung itu adalah makanan yang merakyat. Sehingga banyak yang suka.

Festival Sego Empog menjadi salah satu rangkaian HUT ke-17 Kota Batu. Rencananya even tersebut akan diadakan setiap tahun. 

”Ini inisiatif tim PKK Batu. Karena bersinggungan dengan sego dan tidak jauh-jauh dari kebiasaan setiap hari, maka, kami angkat dan kami munculkan ciri khas Batu. Alhamdulillah acara lancar dan pesertanya sampai 28 tim sego empog. Dapat tropi dan uang pembinaan," jelas Wibi setelah acara tersebut. 

Wibi melanjutkan, tim PKK ini juga bekerja sama dengan komunitas bank sampah Kota Batu dengan melakukan aksi nyata sebelum festival. Yakni mengambil dan memilah sampah dari perempatan kelenteng sampai depan Balaikota. (*)

Pewarta : Muklas
Editor : Redaksi
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Batu TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close