Biar Lancar Bahas Anggaran, Pemkot Malang Bikin Acara Bareng Anggota Dewan

Jum'at, 09-11-2018 - 13:15 WIB Wali Kota Malang Sutiaji saat membuka kegiatan sinergitas Pemkot Malang dan DPRD Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES) Wali Kota Malang Sutiaji saat membuka kegiatan sinergitas Pemkot Malang dan DPRD Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan pentingnya persamaan persepsi dalam penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah. Terutama antara jajaran eksekutif dan legislatif. 
 

Pernyataan tersebut disampaikan Sutiaji saat pembukaan workshop LKPJ Kepala Daerah Berdasarkan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bagi Anggota DPRD Kota Malang dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Malang pada hari Kamis (8/11/2018) di Hotel Royal Orchid Garden Batu.
 

Sutiaji menyatakan bahwa kegiatan workshop tersebut merupakan wujud nyata sinergitas antara Pemerintah Kota Malang dengan DPRD Kota Malang. "Kami berharap agar kegiatan ini mampu meningkatkan jalinan silaturahmi di antara kami yang muaranya untuk peningkatan kinerja demi membangun Kota Malang," ujar Sutiaji.
 

Penyelesaian LKPJ kepala daerah, lanjut Sutiaji sangat kami harapkan dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Ke depan, dia berharap agar semua agenda kegiatan juga berjalan sesuai dengan jadwal yang ada agar pembangunan di Kota Malang dapat berjalan lancar.
 

"Kita duduk bersama sama agar apa yang telah disajikan oleh jajaran eksekutif dapat diterima dan dikoreksi secara bersama sama pula oleh DPRD Kota Malang mulai dari tahapan perencanaan hingga evaluasi sebuah kegiatan," tambah Sutiaji.
 

Ke depan, Sutiaji juga berharap kontrol bersama. Meskipun sudut pandangnya berbeda, jika starting point dan datanya sama, maka permasalahan yang ada akan selesai di tahap perencanaan.
 

"Kami juga berharap agar DPRD Kota Malang dapat terus mengawasi kinerja para perangkat daerah di bawah koordinasi sekretaris daerah Kota Malang. Tujuannya agar terwujud optimalisasi kinerja pada masing-masing OPD" tegas Sutiaji lagi.
 

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan yang juga Kabag Pemerintahan Pemkot Malang Dicky Hariyanto SH MH dalam laporan kegiatannya menyampaikan, terselenggaranya acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan kesamaan pemahaman antara Pemerintah Kota Malang dan DPRD Kota Malang terhadap LKPJ sesuai UU No 23 tahun 2014. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan agar dalam penyusunan LKPJ dan rekomendasi LKPJ sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku.
 

Workshop yang diikuti oleh 110 peserta dari kepala perangkat daerah dan DPRD Kota Malang serta tim penyusunan LKPJ tersebut menghadirkan 3 narasumber. Yaitu Ir Hasdiana Kando MSi, kasubdit wil IV Direktorat FKDH dan DPRD Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri; Rachmad Wageyanto SE MSi,  kasubdit Pendataan dan Evaluasi Pembangunan Kabupaten/Kota Bidang Pendataan dan Evaluasi Bappeda Provinsi Jatim; dan Dr Abdullah MSi, dosen FIA Universitas Brawijaya Malang. (*)

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close