Wujudkan Kota Wisata Edukasi, Pemkot Batu Bakal Bentuk Satgas Literasi

Jum'at, 09-11-2018 - 17:49 WIB Wali Kota Batu Dewanti Rumoko saat melihat pojok baca di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani. (Foto: istimewa) Wali Kota Batu Dewanti Rumoko saat melihat pojok baca di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES, BATU – Selain mewujudkan Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang literasi, Pemkot Batu juga bakal membentuk Satuan Tugas (Satgas) Literasi. Satgas Literasi bakal dibentuk sebagai upaya untuk mewujudkan gerakan literasi menuju wisata edukasi.

Dibentuknya satgas literasi itu nantinya dari gabungan Pemkot Batu, Polres Batu, dan Kejakasaan Negeri (Kejari) Kota Batu. Fungsi dari adanya Satgas Literasi ini untuk mendisiplinkan agar menjalankan yang ada di Perwali tersebut.

“Setelah ada Perwali Literasi ini, kemudian akan kami bentuk Satgas Perwali. Yang nantinya bertugas untuk menindak tegas dan menegur,” kata Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Misalnya saat ada aturan 15 menit sebelum memulai kegiatan ada pembelajaran dimulai harus membaca tapi tidak membaca, akan ada teguran. Sebab dengan adanya Perwali Literasi ini untuk meningkatkan kemampuan dan budaya literasi masyarakat Kota Batu, melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Keluarga (GLK), Gerakan Literasi Masyarakat (GLM) dan Gerakan Literasi Pamong (GLP). Dalam Perwali ini menjabarkan terkait dengan literasi buku baca, sudut baca, pojok baca, dan taman baca. 

Lalu juga mengembangkan literasi budaya digital hingga visual hasil karya. Juga mengatur bagaimana penyediaan budaya literasi di masyarakat. 

Menurutnya adanya Perwali Literasi dan Satgas Literasi supaya budaya literasi terus meningkat sejak dini. Melihat saat ini tingkat literasi sangat rendah khususnya di Kota Batu.

“Melihat budaya membaca ini masih rendah di masyarakat khususnya di Kota Batu. Dengan dipertegas supaya kedepan budaya literasi ini tumbuh meningkat,” imbuhnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close