Peringati Maulid Nabi Muhammad, Pemkab Gelar Ancak Agung

Jum'at, 09-11-2018 - 20:30 WIB Kirab ancak agung start di samping Gedung Bhayangkara Januaraga Polres Situbondo dan finis di alun alun Situbondo (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES) Kirab ancak agung start di samping Gedung Bhayangkara Januaraga Polres Situbondo dan finis di alun alun Situbondo (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

JATIMTIMES, SITUBONDO – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, Pemerintah Kabupaten Situbondo menggelar kirab ancak Agung, Jumat (09/11/2018). Kirab ancak Agung yang diikuti 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Situbondo tersebut, setiap tahun pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bukan hanya OPD dan 17 kecamatan saja yang mengikuti kirab ancak Agung tersebut, namun Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Situbondo juga ikut serta menyemarakkan kirab Ancak Agung yang dilepas dari samping gedung Bhayangkara Januraga dan finis di alun-alun Situbondo.

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH sebelum melepas kirab ancak Agung mengatakan, "Malam hari ini marilah kita bersama-sama melestarikan tradisi adat dan tradisi ancakan. Ancakan ini bukan semata-mata kegiatan seremonial saja, tapi didasarkan karena kita ingin memberikan rasa cinta kita, rasa keinginan kita untuk senantiasa menyambung dengan nabi besar Muhammad SAW," ujar Bupati Dadang dalam sambutannya.

Tradisi ancakan, kata Bupati Dadang, diharapkan sebagai bahan dasar untuk memelihara iman dan taqwa kepada Allah SWT dan mengingat lahirnya Nabi Muhammad SAW, nabi terakhir yang membawa umat Islam ke jalan terang benderang.  "Tak lupa saya ucapkan terima kasih atas nama pemerintah daerah kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya untuk mensukseskan acara ini, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, bupati juga mengucapkan terima kasih kepada aparat aparat keamanan yang telah memberikan konstribusi untuk kepentingan lancarnya kegiatan ini. "Semoga  kegiatan ini bisa menjadi kebanggaan dan kebahagiaan bagi kita semua, karena di dalam kegiatan ancak Agung terdapat siar agama islam. "Saya harapkan semua peserta ancak Agung, setelah sampai di alun-alun para peserta untuk tidak membubarkan diri dengan alasan capek mengikuti kirab," pinta bupati.

Padahal, sambung bupati, kita belum hakiki dalam kegiatan-kegiatan ancak agung malam hari ini, adalah salawatan bersama para kiai. "Pada salawatan di alun alun, mari kita bersama-bersama satukan hati, satukan pikiran untuk memuliakan Nabi Muhammad SAW agar kita semua senantiasa mendapat ridhoNya, " pungkas bupati. (*)

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Situbondo TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close