Mantap, Balitbangda Kabupaten Malang Kembali Raih Prestasi Nasional 2018

Kamis, 06-12-2018 - 15:31 WIB (Dari kiri ke kanan) tenaga ahli pendamping Balitbangda Rudy Madiyanto bersama  Kepala Balitbangda Kabupaten Malang Mursyidah saat menerima apresiasi BPPD Berkinerja Utama 2017. (Balitbangda for MalangTIMES) (Dari kiri ke kanan) tenaga ahli pendamping Balitbangda Rudy Madiyanto bersama Kepala Balitbangda Kabupaten Malang Mursyidah saat menerima apresiasi BPPD Berkinerja Utama 2017. (Balitbangda for MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Tidak ingin diterali dengan kondisi anggaran yang dikelola,  Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Malang terus berinovasi dalam melayani kebutuhan masyarakat maupun menguatkan berbagai inovasi di organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Malang. 

Hasilnya cukup memuaskan. Berbagai apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat atas kerja keras dan cerdas Balitbangda Kabupaten Malang mengalir di badan yang dipimpin oleh Mursyidah itu. 

Tahun 2017, Balitbangda Kabupaten Malang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) sebagai Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD)  Berkinerja Utama.  Itu sebuah ajang apresiasi dari Kemenristek Dikti bagi lembaga,  institusi, badan yang berhasil menerapkan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dengan tiga kriteria yang harus dipenuhi. Yakni  Balitbang mesti berkapasitas bagus, kapabel (mampu), dan berkelanjutan. 

Tahun 2018, prestasi tersebut kembali diraih Balitbangda Kabupaten Malang. Juga atas capaiannya dalam melakukan dan menerapkan SIDa yang dinilai memenuhi tiga kriteria yang ditetapkan Kemenristik Dikti. 

Kepala Balitbangda Kabupaten Malang Mursyidah membenarkan hal tersebut. "Kami kembali diapresiasi oleh Kemenristek Dikti sebagai BPPD Berkinerja Utama tahun 2018. Kami secara langsung mendapat surat resminya," kata mantan kepala Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malangbitu,  Kamis (06/12/2018) kepada MalangTIMES. 

Surat undangan Kemenristik Dikti untuk Balitbangda Kabupaten Malang sebagai peraih BPPD Berkinerja Utama 2018

 

Apresiasi tersebut tercantum dalam surat Kemenristek Dikti Nomor 888/2018 perihal undangan penerima apresiasi BPPD Berkinerja Utama. Kemenristek Dikti mengundang bupati Malang untuk menerima anugerah tersebut tanggal 13 Desember 2018 di BSD City, Tangerang. 

Mursyidah menyatakan, kembalinya Balitbangda Kabupaten Malang menerima apresiasi tersebut dikarenakan konsisten dalam menerapkan SIDa. SIDa tersebut juga memenuhi kriteria berkelanjutan,  seperti inovasi pemulihan apel di Poncokusumo. 

Selain hal tersebut, berbagai penelitian dan riset yang dilakukan oleh Balitbangda Kabupaten Malang mampu diaplikasikan di tengah masyarakat.  "Penelitian jangan sampai terpisah dari kebutuhan masyarakat. Tapi harus berangkat dari permasalahan yang ada. SIDa pemulihan apel adalah salah satu contohnya. Berefek ganda dan manfaatnya dirasakan masyarakat banyak," ujar Mursyidah. 

Mursyidah melanjutkan, sesuai dengan prioritas Riset Nasional Tahun 2017-2019 yang juga disampaikan oleh menristek dikti, cakupannya sepuluh fokus bidang. Yakni,  pangan/pertanian, energi: energi baru dan terbarukan, kesehatan: obat, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, pertahanan dan keamanan, material maju (advance material, seperti nanoteknologi), kemaritiman, kebencanaan, dan sosial humaniora dan seni budaya-pendidikan.
Selain menetapkan prioritas riset nasional, dalam memastikan iptek berkontribusi dalam perekonomian Indonesia, Kemenristek Dikti menyelenggarakan Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI). Bagi lembaga litbang yang sudah menjadi PUI, pemerintah akan dorong hasil penelitian mereka dapat dikomersialisasikan.

Disinggung mengenai tindak lanjut dengan diraihnya kembali BPPD Berkinerja Utama 2018, Mursyidah menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pendampingan-pendampingan dari inovasi yang telah berjalan di tahun ini. 
"Tentunya kami sempurnakan berbagai inovasi yang telah berjalan. Selain juga terus melalukan berbagai riset yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," pungkasnya. (*)

Pewarta : Dede Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close