Selidiki Pemilik Tiang yang Menancap di Gorong-Gorong, Dinas PU Tak Pernah Keluarkan Izin

Kamis, 06-12-2018 - 16:52 WIB Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Santoso (Anggara Sudiongko/MalangTIMES) Kepala DPUPR Kota Malang Hadi Santoso (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang terus menindaklanjuti adanya tiang provider yang terpasang di tengah gorong-gorong hingga menembus tanah di kawasan Jalan Zaenal Zakse, Kota Malang.

Pasalnya pemasangan tiang tersebut telah menyebabkan penyumbatan saluran gorong-gorong dan telah melanggar atauran yang ada serta diduga tidak berizin. Sebab, sesenti pun, jika melakukan pemanfaatan lahan untuk pembangunan, harus ada izin.

Kepala DPUPR Kota Malang, Hadi Santoso mengungkapkan, saat ini pihaknya mencari data riil siapa sebenarnya pemilik salah tiang provider yang melanggar aturan tersebut. 

"Itu punya siapa. Terus siapa yang memang memberikan izin di situ (trotoar) karena fungsi trotoar untuk pejalan kaki," ujar dia ketika ditemui di kantornya (5/12/2018).

Jika pun ada tiang, menurut Soni -panggilan Hadi Santoso-, tentunya posisinya tidaklah di situ. Ada pengaturan sedemikian rupa sehingga fungsi trotoar tidak hilang dan terganggu.

"Kalau masangnya begitu, kan mengganggu pejalan kaki. Apalagi sampai menembus gorong-gorong. Dampaknya sangat meluas. Saluran tersumbat, sampai terjadi banjir," ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Soni, terkait perizinan advice planning sendiri, pihaknya juga telah melakukan pengecekan ke bidang tata ruang. Namun dari hasil pengecekan, memang tidak ditemukan adanya izin yang keluar untuk pembangunan tiang itu.

"Kalau melihat dari kondisi tiang, sepertinya memang masih belum lama dipasang. Tapi informasinya dipasang 2017. Kami cari izinnya memang tidak ada. Makanya saat ini kami masih menelusuri pemilik tiangnya siapa," pungkas Soni. (*)

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close