Wali Kota Malang Sutiaji Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur Tingkat Nasional

Kamis, 06-12-2018 - 17:30 WIB Wali Kota Malang Sutiaji tengah menerima piagam penghargaan Pasar Tertib Ukur dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Bandung. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES) Wali Kota Malang Sutiaji tengah menerima piagam penghargaan Pasar Tertib Ukur dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Bandung. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Prestasi nasional kembali diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Terbaru, Wali Kota Malang Sutiaji menerima secara langsung penghargaan Pasar Tertib Ukur (PTU) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang diserahkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. 

Berlangsung di Aula Hotel El Royale Kota Bandung, Jawa Barat, hari ini (6/12/2018), kegiatan yang digagas itu dalam upaya memperkuat perlindungan konsumen. Dalam penghargaan itu, Kemendag menetapkan 197 pasar rakyat yang tersebar di wilayah Indonesia dan menetapkan 9 daerah tertib ukur (DTU) tahun 2018.

"Penetapan ini akan memberikan citra positif bagi daerah dan pasar tradisional. Pemerintah berupaya terus-menerus melindungi setiap konsumen agar mendapatkan kebenaran hasil pengukuran dalam transaksi perdagangan," ujar Enggartiasto dalam sambutannya. 

Beberapa tujuan pemberian penghargaan itu yakni dalam rangka perlindungan konsumen dan mendorong terciptanya persaingan usaha yang sehat. Selain itu juga mendukung terwujudnya sistem metrologi legal nasional guna terciptanya perdagangan yang jujur, adil dan transparan. 

Penetapan itu juga hasil kerja sama yang baik antara Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga Kemendag (Ditjen PKTN) bersama pemerintah daerah kabupaten/kota. "Tugas Kemendag untuk terus mendorong pemerintah daerah meningkatkan pelayanan kemetrologian sebagai bentuk kehadiran negara dalam melindungi rakyatnya," lanjutnya.

Penghargaan PTU Kota Malang tahun 2018 ini bagi tiga pasar di Kota Malang yaitu Pasar Bareng, Madyopuro dan Sawojajar. Hal ini berdasarkan penilaian tim Kemendag bagi kabupaten/kota di seluruh Indonesia. 

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, penghargaan Pasar Tertib Ukur yang itu diterima karena hasil evaluasi di tiga pasar tersebut telah melakukan Tera terhadap UTTP (Ukur Takar Timbangan dan Perlengkapannya) dengan baik. "Jadi masyarakat tidak perlu ragu terhadap keakuratan UTTP di kedua pasar tersebut," ujar Pak Aji, sapaan akrabnya. 

Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Sutiaji mengatakan akan terus menggencarkan tera ulang terhadap seluruh alat ukur dan kelengkapannya di seluruh tempat yang dilaksanakan jual beli. "Harapannya ke depan mendapatkan Penghargaan Daerah Tertib Ukur, berarti semua TTP se-Kota Malang di pasar, toko, warung dan lainnya, sudah ditera," pungkasnya.  (*)

Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close