LPMK Desak Tiang Tak Berizin di Tengah Gorong-Gorong Segera Dibongkar

Kamis, 06-12-2018 - 17:43 WIB Air meluber ke jalan dampak buntunya saluran akibat penyumbatan karena tiang provider di Jalan Zaenal Zakse. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES) Air meluber ke jalan dampak buntunya saluran akibat penyumbatan karena tiang provider di Jalan Zaenal Zakse. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kota Malang juga merespons keras adanya tiang provider yang dipasang di tengah gorong-gorong Jalan Zaenal Zakse hingga menyebabkan penyumbatan dan luberan air.

Ketua LPMK Jodipan Mohammad Rosyidi mengatakan, tiang provider tersebut harus segera dibongkar. Sebab, dalam pembangunannya, sudah jelas menyalahi aturan. Dari situ, bangunan atau tiang tersebut tidak mempunyai izin.

"Dan saya meyakini tiang itu tidak ada izinnya. Dan menurut saya tiang itu juga masih baru. Mungkin sekitar empat sampai lima bulan. Jika nantinya pemilik tiang malah menyalahkan gorong-gorong, maka perlu ditanyakan, yang terbangun dulu adalah siapa. Pasti gorong-gorong dulu," ucapnya.

"Kalau kita evaluasi lebih dalam lagi,  misalkan saya menancapkan batu nisan di makam ibu saya saja izin juru kunci. Lha kok ini nggak ada izin. Tapi nanti kalau ada perdebatan, paling nanti berlindung di SKB 3 menteri yang sifatnya makro. Tapi kan nggak bisa karena otonomi daerah, setiap daerah punya kebijakan masing-masing," tambahnya.

Maka dari itu, pengawas pembangunan, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) wajib segera menginformasikan kepada pihak satpol PP bahwa tiang tersebut telah melanggar dan segera  dirobohkan.

"Pemilik provider mestinya harus bertanggung jawab. Jika tidak. ya Dinas PU segera melapor ke satpol untuk ditindak. Kalau sudah begini, menjadi masalah kompleks," kata Rosyidi. (*)

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close