Ikut Pameran di Bali, Disperindag Promosikan Produk IKM Kabupaten Blitar

Kamis, 06-12-2018 - 19:23 WIB Disperindag Pemkab Blitar menerima cinderamata dari penyelenggara Bali Tourism, Craft and Investment Expo 2018 Disperindag Pemkab Blitar menerima cinderamata dari penyelenggara Bali Tourism, Craft and Investment Expo 2018

JATIMTIMES, BLITAR – Selain menyelenggarakan even pameran Industri Kecil Menengah (IKM) di tingkat lokal, Pemerintah Kabupaten Blitar turut menyertakan IKM pameran di berbagai kota. Hal ini sebagai bukti pengembangan dunia usaha terutama sektor usaha kecil menengah, mendapat perhatian dari Pemkab melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Upaya mengajak pelaku IKM mengikuti pameran skala nasional kian dimasifkan. Salah satunya di event Bali Tourism, Craft and Investment Expo 2018. Yang Merupakan pameran road show berskala nasional  yang dirancang sebagai media promosi pariwisata dan promosi produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia.

Sasaran dari gelaran ini adalah buyers dan investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Ajang ini sekaligus bertujuan meningkatkan daya saing dan kualitas produk dalam negeri serta memperluas jaringan pemasaran antar daerah. Acara ini digelar selama lima hari dan resmi dibuka pada Kamis (6/12/2018).

Adapun dalam Bali Tourism, Craft and Investment Expo 2018 ini IKM yang difasilitasi promosi oleh Disperindag Pemkab Blitar diantaranya lukisan kaca, tas cindayrella, tas anyam pandan, kerajinan india, tas tali kur dodik alfi, aneka batik tulis Kabupaten Blitar, kado srikandi, tas tempurung kelapa, aneka tas kain yetti craft, dan kendang.

“IKM merupakan tulang punggung perekonomian di Kabupaten Blitar. Karena itu Disperindag terus mendorong pertumbuhan IKM agar terus berkembang dan maju hingga di skala internasional. Secara kualitas, produk-produk IKM Kabupaten Blitar tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan dengan produk dari negara lain sekalipun," kata Sekretaris Disperindag Pemkab Blitar, Sri Astuti.

Dikatakan, promosi melalui pameran seperti Bali Tourism, Craft and Investmen Expo 2018 ini sangatlah penting bagi pelaku IKM. 

Lewat event semacam ini, IKM akan terdorong berinovasi dan memperbaiki kualitas produknya. Sehingga produk IKM dari Kabupaten Blitar bisa semakin meningkat mutu dan daya saingnya.

Disamping itu, lanjut Sri Astuti, kegiatan pameran ini diharapkan mampu menjadi sarana promosi bagi potensi produk unggulan dan produk kerajinan sehingga dapat memperluas networking dan kemitraan antar pelaku usaha serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri dan mewujudkan semangat Ayo Bela dan Beli Produk Blitar

“Harapan kami lewat pameran semacam ini produktivitas IKM kita bisa semakin meningkat. Dan yang lebih utama lagi, IKM bisa meningkatkan jejaring untuk pemasaran produknya,” tambah dia.

Pada event ini, stan IKM Kabupaten Blitar menjadi salah satu stand yang mendapat banyak pengunjung. Baik pengunjung lokal maupun turis internasional. 

Dalam kesempatan ini pada pembukaan Bali Tourism, Craft, and Investment Expo 2018 Disperindag Pemkab Blitar juga mendapat cinderamata dari penyelenggara dan dikunjungi Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Bali, Direktur PT Aira dan Dirjen Pengembangan Export Nasional Kemendag RI.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close