Rahasia Black Hole Terkuak dalam Ayat-Ayat Suci Al-Quran

Sabtu, 05-01-2019 - 09:10 WIB Screenshot Video (youtube) Screenshot Video (youtube)

JATIMTIMES, MALANG – Black Hole atau lubang hitam di luar menjadi seperti fiksi ketika hanya kita lihat dan dengar melalui film. Tapi di dunia nyata, para ilmuan sudah memastikan jika benda di luar angkasa itu benar adanya.

Dilansir dari channel youtube YtCrash Islam, sejak 1790, ilmuan ternama di dunia, John Michell dan Piere-Simon Laplace memprediksi ada bintang tersembunyi di langit.

Kemudian pada 1910 teori relativitas Albert Einstein memperkirakan adanya benda di luar angkasa yang mempengaruhi tempat dan waktu. Teori itu selanjutnya dikembangkan Astronot asal Jerman bernama Karl Schwarzchild pada 1916. Banyak astronom yang percaya bahwa semua galaksi di alam semesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi.

Selanjutnya pada 1967, ilmuan Amerika John Archibald Wheeler mulai menyinggungnya dengan nama Black Hole atau lubang hitam sebagai hasil hancurnya bintang-bintang. Para ilmuan pun percaya alam semesta ini dihiasi oleh banyak lubang hitam.

Para Ilmuan memastikannya dengan menggunakan teleskop Hubble terhadap pusat galaksi. Mereka menemukan konsentrasi gas di sekitar Black Hole yang bergerak begitu cepat yakni 400 km per detik. Masa Black Hole ini diperkirakan tiga juta kali lipat dari masa Matahari. Bukti keberadaan Black Hole juga semakin diperkuat dengan bukti ilmiah lainnya yang ditunjukkan oleh para ilmuan.

Seorang ilmuan mendeskripsikan Black Hole sebagai berikut, "Black Hole menciptakan gravitasi ektrem yang bekerja sebagai vacum cleaner alam raya yang tidak terlihat. Ia bergerak dan menelan semua benda yang ditemuinya. Bahkan cahaya pun disedotnya dan tak bisa menghindar. Karakter Black Hole sendiri adalah invisible (tidak terlihat). Dia bekerja seperti sapu mesin yang menyedot dan bergerak secara berkesinambungan,".

Namun jauh sebelum itu, Al-Quran telah menjelaskan tentang fenomena alam di jagat raya ini. Diantaranya dalam surat At-Takwir ayat 15 hingga 16 yang berbunyi "Aku bersumpah demi bintang tersembunyi (yakni bintang Khunnas) yang bergerak cepat, yang menyapu,".

Dalam ayat yang dijelaskan itu, maka bisa dikaitkan dengan karakter Black Hole yang diyakini oleh para ilmuan, yaitu galaksi yang tidak terlihat. Kemudian bergerak cepat. Kemudian dalam karakter ke tiga dalam ayat tersebut juga dijelaskan jika 'yang menyapu dan menelan setiap semua yang ditemuinya'.

Dalam penemuan para ahli, juga dikatakan jika Back Hole memiliki dentuman suara. Sementara dalam QS Al-Isra ayat 44 sudah dijelaskan, "Langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada di dalamnya bertasbih  kepada Allah. Dan tidak ada satupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya. Tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun,".

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close