Ini Dia Jembatan Tua sejak Abad 20 yang Masih Kokoh di Kota Malang

Minggu, 13-01-2019 - 16:03 WIB Jembatan Mojopahit (Wikimapia) Jembatan Mojopahit (Wikimapia)

JATIMTIMES, MALANG – Saat melintasi kawasan Jl Mojopahit menuju kawasan Kayu Tangan, tentu Anda akan melewati sebuah jembatan yang jika dilihat sepintas tampak tak jauh beda dengan jembatan pada umumnya.

Tapi dibandingkan jembatan lain di Kota Malang, jembatan yang dikenal sebagai Jembatan Mojopahit itu memiliki nilai sejarah loh.

Bukan hanya memiliki ornamen khas. Jembatan itu, menurut Ketua Komunitas Reenactor Malang Eko Irawan, memiliki gaya arsitektur Indis. Ciri khas itu dapat dilihat melalui struktur pilar yang kokoh dengan dominan cat berwarna putih. Kemudian ornamen lampu juga diberi penutup, layaknya lampu bergaya Indis pada umumnya.

"Jembatan ini sudah di bangun sejak 1920-an, saat masa kependudukan Belanda," kata Eko.

Bukan hanya bangunannya. Jembatan yang tak jauh dari kawasan Pasar Burung Splendid itu juga menyimpan banyak kisah perjuangan. Sebab, jembatan tersebut dulunya digunakan sebagai tempat berlindung para pejuang saat melakukan penyerangan terhadap tentara Belanda dan Jepang.

Dikisahkan, jika para pejuang dulunya menyembunyikan senjata seperti senjata api di bawah jembatan tersebut. Sehingga, ketika terjadi bentrokan, senjata dapat langsung diambil dan digunakan.

"Dulu, para pejuang kita menggunakan kolong jembatan sebagai tempat yang strategis untuk bersembunyi dan menyimpan senjata. Ya termasuk Jembatan Mojopahit itu salah satunya," tambahnya lagi.

Jembatan yang dirancang oleh Thomas Karsten itu pun dulunya dijadikan sebagai salah satu penghubung antar-kampungbhingga sekarang. Jembatan ini menghubungkan kawasan Balai Kota Malang dengan kawasan Alun-Alun Kota Malang dan sangat strategis untuk memobilisasi aktivitas masyarakat. 

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close