Manusia Mumi Tertua yang Pernah Ditemukan, Cerita di Baliknya Bikin Merinding

Sabtu, 09-02-2019 - 11:39 WIB Mumi Rosalia yang begitu awet sampai saat ini (Wikipedia) Mumi Rosalia yang begitu awet sampai saat ini (Wikipedia)

JATIMTIMES, MALANG – Sosok mumi di film-film ternyata memang ada di dunia nyata. Meskipun mereka tak bisa berjalan-jalan seperti di film, namun tubuh mereka masih terlihat awet dan benar-benar utuh walaupun sudah dikubur ratusan bahkan ribuan tahun.

Lalu seperti apa ya bentuknya mumi yang ditemukan dan berusia ratusan hingga ribuan tahun, mau tahu?, nggak usah lama-lama, yuk langsung aja deh kita simak informasinya berikut ini, tentang penemuan mumi tertua dan menggemparkan dunia.

1. The Maiden

The Maiden atau yang lebih dikenal dengan mumi suku Inca, ditemukan ada di puncak Gunung Llullaillaco, Argentina pada tahun 1999. Menurut jasa forensik yang ada, mumi ini sudah meninggal sejak 500 tahun yang lalu.

Seharusnya mayat yang dikubur dalam jangka waktu ratusan tahun dan tanpa proses pengawetan tersebut sudah hancur lebur termakan waktu. Namun saat pertama kali diangkat, mumi tersebut terlihat seperti baru saja mati.

Setelah diperiksa secara keseluruhan para peneliti berhasil menemukan rahasia mengapa tubuh tersebut masih awet dan terlihat seperti baru saja mati. Dalam tubuh mumi ini terdapat alkohol dalam jumlah yang sangat banyak.

Nah kalau kalian penasaran dengan mumi ini, maka main saja ke Museum of High Altitude Archaelogy, Argentina.

2. Santa Bernadette

Terdapat seorang biarawati bernama Bernadette Soubirous yang terlahir pada tahun 1844. Selama mengabdikan dirinya, dia mengaku seringkali melihat penampakan bunda Maria berada di dekatnya.

Dan pada tahun 1879 Bernadette dinyatakan meninggal akibat penyakit TBC. Namun 33 tahun kemudian dirinya dinyatakan sebagai Santa karena telah melaksanakan kebajikan hingga mencapai titik heroik selama hidupnya. Maka dari itu tubuh Bernadette yang telah dikubur harus diangkat lagi.

Namun hal mengejutkan terjadi ketika pengangkatan tubuh Bernadette. Pasalnya tubuh Bernadette ditemukan dalam kondisi masih sangat baik. Kemudian pada tahun 1919 tubuhnya kembali diangkat, namun lagi-lagi kondisinya juga membuat mereka terhentak kaget. Tubuh Bernadette masih sama seperti sebelumnya tetap awet meskipun terdapat sedikit jamur.

Dan untuk terakhir kalinya pada tahun 1925, tubuh Bernadette kembali diangkat lagi dari kuburan. Tetapi tetap saja tubuhnya masih terlihat awet dan dalam kondisi  sangat baik. Setelah tubuhnya dibersihkan dari jamur dan diberi lilin, tubuh Bernadette ini diletakkan ke dalam peti transparan agar bisa dilihat.
3. Dashi Dorzo Itigilov.