Hanya 12 Hari, 53 Mafia Narkoba Berhasil ‘Dikandangkan’ Satreskoba Polres Jember

Senin, 11-02-2019 - 13:06 WIB Para tersangka Narkoba saat ditunjukkan di hadapan media (foto : Moh. Ali Makrus /JatimTIMES) Para tersangka Narkoba saat ditunjukkan di hadapan media (foto : Moh. Ali Makrus /JatimTIMES)

JATIMTIMES, JEMBER – Peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Jember, semakin memprihatinkan, terbaru 53 tersangka dari berbagai profesi mulai kuli bangunan, tukang parkir, hingga purel yang menyalahgunakan Narkotika dan Obat Keras Berbahaya (Narkoba) berhasil diringkus Satreskoba Polres Jember dari 49 kasus.

“Selama 12 hari kami gelar Operasi Tumpas Narkoba 2019, dimana kasus sabu ada 14, ganja 1 dengan tersangka 19 orang, serta 34 kasus okerbaya dengan tersangka 34 orang, berhasil diungkap oleh jajaran Satreskoba, jadi total ada 49 kasus dengan 53 tersangka,” ujar Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH SIK saat menggelar konferensi pers.

Kapolres juga menjelaskan, bahwa aksi para pelaku ini tidak hanya di kawasan perkotaan saja, tapi juga merambah di pelosok Kabupaten Jember seperti di Ledokombo, Sumberjambe, Tempurejo dan Jombang.

“Peredaran narkoba saat ini tidak hanya pada kalangan menengah atas saja atau di perkotaan, akan tetapi juga merambah di pedesaan, hal ini dilihat dari berbagai profesi pelaku, ada yang kuli bangunan, buruh tani, wiraswasta dan juga tukang parkir, bahkan dari ungkap kasus kali ini paling banyak dari Kalisat ada 5 kasus,” beber Kapolres.

Adapun barang bukti yang disita dari pelaku narkoba antara lain 2.11 gram sabu beserta alat isapnya, 2.40 gram ganja, 2 buah ponsel, 2 unit, uang tunai Rp. 50.000. Sedangkan dari kasus okerbaya barang bukti yang berhasil diamankan antara lain 16. 528 butir pil koplo dengan berbagai merk, uang Rp. 5.189.000 dan masih banyak yang lainnya.

“Atas perbuatannya, pelaku kami jerat dengan UU No 35 Tahun 2009 tentang narkoba dengan pasal 114 ayat (1), pasal 112 ayat (1), pasal 111 ayat (1) dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. Sedangkan untuk para tersangka okerbaya akan dikenakan UU No 36 tentang Kesehatan dengan pasal 196 Sub pasal 197 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara,” pungkas Kapolres Jember. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jember TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close