Musrenbang Lansia, Wakil Wali Kota Malang Upayakan Fasum

Selasa, 12-02-2019 - 13:04 WIB Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat membuka Musrenbang Lansia di Hotel Savana yang juga dihadiri Wali Kota Malang, Sutiaji (duduk, tiga dari kiri) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES). Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat membuka Musrenbang Lansia di Hotel Savana yang juga dihadiri Wali Kota Malang, Sutiaji (duduk, tiga dari kiri) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

JATIMTIMES, MALANG – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang menggelar musrenbang lansia untuk pertama kalinya. Musrenbang tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko beserta istri.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan ide bagus untuk perkembangan lansia ke depan. Termasuk di dalamnya upaya untuk meningkatkan fasilitas umum bagi para lansia.

Melalui kegiatan ini aktualisasi pokok pikiran, ide, dan gagasan dapat disampaikan kepada pemerintah untuk kinerja di tahun 2020. Sehingga kegiatan ini semestinya dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi pada kegiatan lansia sebelumnya.

"Tentu dalam upaya memperbaiki dan menambah dari kualitas kegiatan yang sudah ada. Artinya kegiatan dan program yang baik harus dilanjutkan, dan yang belum bisa dijalankan untuk diagendakan," katanya.

Termasuk pemikiran baru untuk kepentingan lansia dia rasa perlu ditingkatkan. Tentunya untuk mewujudkan Kota Malang yang ramah lansia.

Bahkan saat ini menurutnya beberapa OPD sudah mulai mengusahakan fasilitas yang ramah lansia, seperti Dinas Perhubungan Kota Malang salah satunya, yang kini menyiapkan angkutan kota yang ramah lansia.
 

c8cd428b-8cae-4f60-9a93-a4b65d25caf88cdd1729f347a310.jpg

Sehingga, lanjutnya, ini adalah forum strategis untuk menyampaikan ide dan gagasan yang sudah disiapkan melalui pra musrenbang sebelumnya. Ini merupakan saat yang tepat untuk menyampaikan setiap ide yang ada dan perlu dikembangkan.

"Ide dan gagasan Wali Kota Malang untuk meningkatkan kesejahteraan lansia di Kota Malang ada banyak. Termasuk program yang dijalankan lima tahun sebelumnya, dan ada penyusunan program yang akan dijalankan di 2020.

Sementara itu, Kepala Barenlitbang Kota Malang, Erik Setyo Santoso menambahkan, kegiatan yang dibalut dengan tema 'Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia' itu adalah untuk mencari solusi yang tepat dalam menjalankan program di 2020 mendatang.

"Tujuan pelaksanaan ini adalah memenuhi tahapan yang disyaratkan dalam Undang-Undang dan mendorong partisipasi lansia dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD)," jelas Erik.

Dia berharap akan ada masukan dari pemangku kepentingan pembangunan terhadap usulan program di 2020 mendatang. Tentunya usulan tersebut akan menjadi prioritas dalam kesejahteraan lansia dan pendukung program kepedulian lansia melalui RKPD.

"Setiap usulan akan dijadikan bahan bersama untuk pembangunan program lansia di 2020 mendatang," pungkasnya.

Acara urun rembug yang dihadiri peserta lansia dan komunitas pemerhati lansia itu berlangsung di Hotel Savana. Ada sekitar 100 peserta dari berbagai unsur meliputi lansia, komunitas pemerhati lansia, hingga unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang yang hadir dalam musrenbang tersebut. 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close