Jadi Korban Fitnah dan Hoax, LSM KRPK Gelar Aksi Damai

Selasa, 12-02-2019 - 13:56 WIB Aksi damai yang digelar LSM KRPK.(Foto : Team BlitarTIMES) Aksi damai yang digelar LSM KRPK.(Foto : Team BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Massa aksi yang tergabung Komite Rakyat Anti Korupsi (KRPK) Blitar menghelat aksi damai di Simpang Empat Lovi Jalan Ahmad Yani Kota Blitar, Selasa (12/02/2019).

Massa tampak membawa poster maupun banner berpesan ajakan untuk menyalurkan hak pilih di pemilu serentak 2019. Juga ajakan kepada masyarakat untuk hindari kampanye hitam, berita fitnah maupun hoax hingga isu SARA (suku agama ras dan antar-golongan).

Koordinator aksi KRPK Rudi Handoko menjelaskan, memasuki masa kampanye jelang pelaksanaan pemilu saat ini, tengah marak di media sosial informasi yang dinilai merugikan salah satu pihak. Seperti yang dialami KRPK atas informasi yang tidak benar melalui media sosial youtube dan whatsApp tanpa konfirmasi sebelumnya dari pihak pengunggah video kepada KRPK. 

Di dalam video yang diduga diedit tersebut, hal itu selain sebagai salah satu contoh korban berita tidak benar. Informasi dalam bentuk video yang beredar itu diduga menggambarkan seolah-olah KRPK mendukung salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019.

"Jadi, seolah-olah kami mendukung pasangan calon tertentu. Ini tidak benar. Kami tetap merupakan organisasi yang independen," tandas dia saat dihubungi awak media di sela-sela kegiatan aksi.

Untuk itu,  Rudi  mengimbau masyarakat di Blitar yang telah memiliki hak pilih untuk menyalurkan hak politiknya. Dia juga meminta masyarakat untuk selektif ketika mengakses suatu informasi dari segala media. Masyarakat juga diharapkan bisa memastikan sumber informasi yang bisa dipertanggung jawabkan.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk menghindari kampanye hitam, berita fitnah, ujaran kebencian hingga berita hoax untuk mewujudkan pemilu serentak 2019 yang damai, adil dan demokratis.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close