DPRD Kabupaten Blitar Tetapkan 3 Ranperda Jadi Perda

Senin, 15-04-2019 - 17:49 WIB Disahkannya 3 perda merupakan komitmen DPRD Kabupaten Blitar dalam menyejahterakan rakyat. Disahkannya 3 perda merupakan komitmen DPRD Kabupaten Blitar dalam menyejahterakan rakyat.

JATIMTIMES, BLITAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar telah menetapkan tiga buah rancangan peraturan daerah (raperda) menjadi perda. Di antaranya, Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Perda Fasilitasi Pelayaan Jamaah Haji, dan Perda Penanggulangan Bencana.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto mengatakan ada tiga panitia khusus (pansus) di DPRD Kabupaten Blitar yang bekerja secara marathon membahas tiga perda ini.  Perda KTR dibahas oleh pansus VII, kemudian Perda Penetapan Fasilitasi Pelayanan Jemaah Haji oleh pansus VIII, dan terakhir Perda Penetapan Penanggulangan Bencana oleh pansus IX. 

"Ada tiga pansus yang memang bekerja secara marathon untuk membahas Ranperda sehingga dapat ditetapkan menjadi perda tepat waktu," terang Suwito Saren Satoto, Senin (15/4/2019).  

Sementara Bupati Blitar Rijanto mengatakan, setelah disahkan, Pemkab Blitar segera mengirimkan Perda yang sudah ditetapkan ini ke Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan nomor register. Baru setelah itu, bisa diundangkan. "Sebagaimana ketentuan setelah ini akan dikirim ke provinsi untuk dapat nomor register. Baru setelah itu bisa diundangkan," ungkap Rijanto.

Menurut dia, terkait penerapannya, lebih detail akan dibuatkan peraturan bupati (perbup). Selain itu, Bupati Rijanto akan berupaya untuk perbup bisa dibahas secepatnya agar perda bisa segera diterapkan. "Penerapan secara detailnya nangi akan dibuatkan perbup," imbuhnya. 

Persetujuan dan penetapan perda ditandai dengan penandatanganan antara Bupati Blitar dengan pimpinan DPRD Kabupaten Blitar. Bupati berharap dengan ditetapkanya tiga perda ini ke depan akan memberi pengaruh positif di masyarakat.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close