Pengamanan Berlapis Proses Rekapitulasi Suara, Polres Malang Siagakan Personel On Call

Sabtu, 20-04-2019 - 19:42 WIB Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung (Tengah) saat melakukan peninjauan lapangan guna mengamankan proses rekapitulasi suara di PPK, Kabupaten Malang (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES) Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung (Tengah) saat melakukan peninjauan lapangan guna mengamankan proses rekapitulasi suara di PPK, Kabupaten Malang (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Buntut pesta demokrasi masih berlanjut. Setelah Pemilu (Pemilihan Umum) dan Pileg (Pemilihan Legislatif) 2019, resmi digelar pada 17 April lalu. 

Sabtu (20/4/2019) agenda berlanjut untuk melakukan rekapitulasi suara di Kabupaten Malang pada tingkatan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).

Seperti yang sudah diberitakan, agenda tersebut rencananya bakal berlangsung hingga Senin (22/4/2019) mendatang. 

Terpantau Tahapan penghitungan suara sudah mulai terlihat di berbagai kecamatan. Khususnya yang masuk pada gelombang satu, yaitu tercatat ada 14 PPK yang ada di Kabupaten Malang.

Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Malang, Santoko mengaku jika perhitungan suara bakal dibagi menjadi tiga gelombang. 

Pihaknya berdalih jika upaya ini dilakukan untuk mempermudah kinerja kepolisian serta berbagai instansi terkait, dalam melakukan proses pengamanan.

Menanggapi hal ini, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengaku, jika pihaknya sudah menginstruksikan kepada anggotanya agar tetap waspada dan serius dalam mengawal dan mengamankan pesta demokrasi 2019. 

“Sejak proses pemilu berlangsung, saya sudah melakukan peninjauan ke beberapa wilayah yang ada di ranah hukum Polres Malang. Terkait pengamanan, kami juga bersinergi dengan TNI, Satlinmas, serta beberapa instansi terkait yang juga turut serta dalam proses pengamanan,” terang anggota polisi yang akrab disapa Ujung ini.

Perwira polisi dengan pangkat dua melati dibahu ini menjelaskan, petugas keamanan beserta PPK dan Panwas selain fokus memastikan kondisi kotak suara dalam keadaan aman. 

Pihaknya juga sudah menginstruksikan agar pihak pengamanan pemilu, fokus menjaga surat suara agar juga tersimpan dalam kondisi aman.

“Masing-masing PPK bakal disiagakan 2 personel TNI, 4 anggota Linmas, dan minimal 10 personel kepolisian lengkap dengan senjata laras panjang guna melakukan pengamanan,” tegasnya.

Ujung menuturkan, sesuai SOP (Standard Operating Procedure). 

Pihaknya juga bakal menerjunkan anggota perwiranya serta seluruh Kapolsek yang ada di sektor jajaran Polres Malang, guna memastikan situasi tetap aman. 

“Kami juga mensiagakan pasukan kompi on call. Satu kompi on call ditempatkan di mako Polres Malang yang bakal di back up rayon selatan. Serta satu kompi on call lainnya, ditempatkan di kantor Satpas Singosari yang bakal di back up Rayon wilayah Utara serta satu pleton Brimob yang mengenakan senjata lengkap, juga disiagakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” terang Ujung.

Anggota polisi nomor satu di Kabupaten Malang ini, juga mensiagakan dua pleton mobil khusus, yang bakal aktif melakukan patroli diberbagai wilayah yang ada di ranah hukum Mapolres Malang. 

Satu mobil menyasar wilayah utara, sedangkan satu mobil lainnya melakukan patroli di wilayah selatan. 

“Meski pasukan pengamanan sudah disiagakan, namun kami juga berharap peran serta masyarakat agar tercipta situasi aman, sejuk, dan kondusif,” pungkasnya.

Pewarta : Ashaq Lupito
Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close