Perebutan Kursi DPRD Kota Blitar Kian Panas, PKB Tambah 1  Kursi, Kursi Gerindra Hilang 1

Selasa, 23-04-2019 - 17:02 WIB Ilustrasi.(Foto : Goggle Images) Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

JATIMTIMES, BLITAR – Perebutan kursi DPRD Kota Blitar periode 2019-2024 berlangsung panas. Berdasarkan penghitungan internal partai politik, kursi beberapa partai hampir dipastikan bakal ada yang bertambah juga ada yang berubah.

Misalnya saja kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Kota Blitar diperkirakan bakal bertambah satu kursi pada Pileg 2019. Wakil Ketua Tanfidziyah DPC PKB Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan, tambahan satu kursi PKB itu untuk daerah pemilihan Kecamatan Sukorejo. Padahal sebelumnya PKB hanya mendapatkan satu kursi untuk Dapil Sukorejo. Sedangkan dua kursi PKB yang lainnya masing-masing tetap di Dapil Kecamatan Kepanjenkidul dan Dapil Kecamatan Sananwetan.

"Sebelumnya kami hanya mendapat tiga kursi. Pileg 2019 ini ada tambahan satu kursi. Perkiraan kami (PKB) dapat empat kursi," terang Totok Sugiarto, Selasa (23/4/2019).

Menurut Totok, rekap internal di Dapil Sukorejo, PKB dapat  4.989 suara. Jika dikonversi perolehan kursi memang jadi dua kursi.”Hampir dipastikan kami dapat 2 kursi dari dapil Sukorejo,” tukas pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Blitar.

Sementara itu berbanding terbalik dengan PKB, kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar diprediksi justru akan berkurang satu. Hal ini dibenarkan Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPC Partai Gerindra Kota Blitar, Yohan Tri Waluyo. Dari hasil rekap internal, jumlah kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar yang sebelumnya tiga kursi, kini tinggal dua kursi.

Tiga kursi Partai Gerindra sebelumnya yaitu dua kursi dari Dapil Sukorejo dan satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul. Pada Pileg 2019 ini, Partai Gerindra hanya dapat dua kursi dari Dapil Sukorejo saja. Sedangkan satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul hilang. 
"Kalau Dapil Sananwetan sebelumnya memang tidak dapat kursi," ungkap Yohan.

Partai dengan jumlah kursi terbanyak tetap diperoleh PDIP, dengan 10 kursi. Sementara
PPP dan Partai Demokrat perolehan kursinya tetap. Berdasarkan hasil rekap internal PPP Kota Blitar pada Pileg 2019 ini, jumlah kursi PPP di DPRD Kota Blitar tetap tiga kursi. Sedangkan untuk Partai Demokrat juga tetap memperoleh dua kursi.

Jika prediksi perolehan kursi ini sesuai dengan hasil rekap suara KPU Kota Blitar unsur pimpinan DPRD Kota Blitar akan berubah. Periode sebelumnya, unsur pimpinan DPRD berasal dari PDIP, PKB, dan Partai Gerindra. Tapi, untuk periode ini, unsur pimpinan akan diisi dari PDIP, PKB, dan PPP.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close