Pemadaman Kebakaran Panderman Pakai Cara Manual, Pemkot Batu Siapkan Opsi Hujan Buatan

Senin, 22-07-2019 - 11:25 WIB Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau kebakaran Gunung Panderman dari pos pantau Gunung Panderman, Senin (22/7/2019). (Foto: istmewa) Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau kebakaran Gunung Panderman dari pos pantau Gunung Panderman, Senin (22/7/2019). (Foto: istmewa)

JATIMTIMES, MALANG – Sebanyak 100 personel dalam tim gabungan saat ini tengah berjibaku memadamkan kebakaran hutan Gunung Panderman, Kota Batu. Mereka menggunakan cara manual untuk memadamkan api di tiga titik kebakaran.

Rencananya,  jika cara manual tidak bisa optimal, pemadaman dilakukan dengan hujan buatan. Hal itu diungkapkan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau kebakaran dari pos pantau Gunung Panderman,  Senin 22 Juli 2019.

“Kalau cara manual ini tidak dapat dilakukan. kami akan minta bantuan kepada TNI untuk melakukan hujan buatan,” kata Dewanti. “Tapi belum diputuskan apakah perlu atau tidak penyiraman udara dengan mengevakuasi pelaksanaan operasi pemadaman hari ini,” tambahnya.

Dewanti merasa prihatan dengan kondisi kebakaran Panderman. Apalagi, kebakaran terjadi di beberapa titik. "Menurut teman Perhutani, LMDH, kebakaran ini  karena kondisi cuaca kering,” ungkap istri Eddy Rumpoko ini. 

Menurut Dewanti, diperkirakan  ranting-ranting terkena angin sehingga menimbulkan percikan api dan menjalar ke area pohon dan rumput. “Dan untuk mengatasinya pun tidak mudah karena kemiringannya lebih dari 45 derajat. Keselamatan petugas ini juga perlu dipikirkan,” imbuhnya.

Ia pun beharap kebakaran ini segera mereda dengan mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada. Hanya, untuk saat ini perlu penambahan sarana dan prasarana.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close