KPA Tulungagung Temukan Puluhan Pelajar Berorientasi Seks Menyimpang

Senin, 22-07-2019 - 16:57 WIB Sekretaris KPA,  If ada Nurohmah (foto : Joko Pramono/Jatim Times) Sekretaris KPA, If ada Nurohmah (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Komisi penanggulangan AIDS (KPA) Tulungagung temukan puluhan remaja alami orientasi seksual menyimpang, menyukai sesama jenis. Mereka rata-rata masih berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa.

“Kalau temuan terbaru dari usia produktif itu 19, 22, dan 24 tahun,” ujar Sekretaris KPA Tulungagung, Ifada Nurohmaniah, Senin (22/7/19).

Dari sekitar 50 penyuka sesama jenis yang tertular HIV/AIDS, 20 diantaranya masih berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa.

Salahnya pola asuh pada keluarga turut mendorong anak dan remaja mengalami orientasi seksual yang menyimpang. Ifada mencontohkan ketidakadaan salah satu figure orang tua, bisa ibu atau ayah. Sehingga ada ketidakseimbangan asuh orang tua terhadap anak.

“Anak laki-laki tidak mendapat kasih sayang ayahnya kemudian kebetulan pada masa transisi ada perhatian dari sosok laki-laki lainya akhirnya terjadi LSL (laki suka laki),” ujar Ifada.

Usia transisi atau labil disini biasanya terjadi saat anak mulai masuk usia puber. Dimasa puber ini alat reproduksi belum dan psikologi anak belum tertata dan rentan akan penyimpangan.

Saat disinggung kemungkinan pelaku LSL kembali ke3 orientasi seks yang tidak menyimpang, Ifada mengatakan jika hal itu tergantung tingkat keparahan LSL dihitung dari gradasi Kinsey. Ada 7 tingkatan pada skala Kinsey untuk menilai penyimpangan orientasi seks seseorang.

“Kalau sudha yangb melakukan hubungan seksual disbanding yang masih terkonstruksi di pikiran (penangananya) lain,” terang Ifada.

Ifada mencontohkan anak yang sudah seringmelihat video porno sejenis bisa dikembalikan orientasi seksnya, lantaran belum pernah melakukan hubungan seks sejenis.

Untuk yang sudah melakukan hubungan seks sejenis dan mereka menikmatinya, maka jalan satu-satunya menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom.

Pewarta : Joko Pramono
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close