Youth Sharing Session, Dinkes Kota Malang Ajak Anak Remaja Minum Tablet Tambah Darah

Kamis, 22-08-2019 - 11:58 WIB Suasana para remaja sekolah meminum tablet tambah darah dalam acara Youth Sharing Session Dinkes Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES) Suasana para remaja sekolah meminum tablet tambah darah dalam acara Youth Sharing Session Dinkes Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Moment peringatan Youth International Day (Hari Remaja Internasional) dimanfaatkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang untuk menggaet remaja.

Bagaimana tidak, selain memberi kesempatan bagi siswa SMP dan SMA se-Kota Malang Vlog 'Generasi Bebas Anemia' dan Lomba Fotografi dengan tema 'Isi Piringku Bergizi Seimbang', kali ini dalam acara bertajuk Youth Sharing Session, momen perayaan hari remaja dikemas dengan nuansa berbeda, di Hotel Gajahmada Kota Malang, Kamis (22/8).

Dalam kesempatan ini, Dinkes Kota Malang memberikan penanaman dan pemahaman dalam meningkatkan kesadaran remaja untuk peduli terhadap kesehatan dirinya sendiri. Di mama permasalahan yang kerap dialami remaja cukup kompleks, mulai dari prestasi di sekolah, pergaulan, penampilan yang hal itu bisa membawa pengaruh dalam perilaku dan status kesehatan remaja.

Kasus yang paling banyak dijumpai pada remaja untuk Kota Malang yakni segi pertumbuhan dan perkembangan yaitu kurang gizi dan anemia. Penanganan masalah remaja termasuk di dalamnya masalah kesehatan akan sangat membutuhkan keterlibatan multi disiplin ilmu, lintas program, lintas sektor dan masyarakat.

Salah satunya tingkat kesadaran remaja dalam memeriksakan dirinya yang dirasa masih kurang, untuk memiliki kemauan dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan di sekolahnya.

"Karena remaja ini cukup rentan sekali dengan beragam penyakit. Di sini kita ingin para remaja dapat menjalani perubahan yang terjadi pada diri mereka dengan baik. Bisa dengan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan salah satunya, untuk tidak takut memeriksakan tubuhnya," ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Malang, Linda Desriwati, S KM.

Selain itu, ratusan anak sekolah dari siswa SMP dan SMA se-Kota Malang tersebut ikut diajak untuk minum bersama tablet tambah darah sebagai salah satu bentuk pencegahan anemia khususnya bagi remaja putri.

"Kali ini sebagai peringatan Hari Remaja Internasional 2019, kami juga mengajak mereka untuk meminum tablet tambah darah bersama-sama. Dengan meminumnya ini harapan kami nanti dapat dilakukan setiap satu minggu sekali di semua sekolah, khususnya bagi remaja putri dari tingkat SMP dan SMA," imbuhnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Malang Elly Estiningtyas Jarwoko turut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Dinkes Kota Malang. Di mana anak remaja dengan kebutuhan digital saat ini sangat rentan terpengaruh dengan hal-hal yang kurang baik. Bahkan, makanan-makanan masa kini yang belum tentu menyehatkan kerap dijumpai melalui media sosial, karenanya anak remaja harus bijak menggunakannya.

"Harapan kami bagi anak-anak remaja ini lakukanlah banyak kegiatan positif. Kami sangat mengapresiasi ini, dimana ada pengetahuan baru bagi anak remaja. Seperti meminum tablet tambah darah, kemudian mengenalkan pengetahuan kepada anal-anak mengenai pola hidup sehat yang ini sangat bermanfaat bagi mereka," ungkapnya.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close