Guyub dan Meriah, Tasyakuran HUT RI Ala Warga Sanankulon Blitar

Minggu, 15-09-2019 - 11:52 WIB Resepsi HUT RI di Dusun Genengan, Desa Sanankulon.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES) Resepsi HUT RI di Dusun Genengan, Desa Sanankulon.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Beragam cara dilakukan untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan. Salah satunya seperti yang dilakukan warga RT 01 RW 04 Dusun Genengan, Desa Sanankulon, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar, dengan menggelar tasyakuran dan resepsi kemerdekaan. 

Tasyakuran yang dihadiri puluhan orang tersebut digelar pada Sabtu (14/9/2019) dengan dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda. Tampak kearaban terlihat di antara warga. Meski sederhana, warga setempat nampak guyub dan antusias hadir di acara yang rutin digelar setiap tahun ini.

Tasyakuran diawali dengan kenduri dan doa bersama, mendoakan pemimpin, leluhur dan arwah pahlawan kemerdekaan. Warga juga memohonkan keselamatan dan kemajuan bangsa Indonesia. Setelah itu dilanjut dengan makan bersama sebagai wujud syukur dan ditutup dengan hiburan musik dangdut. Selain hiburan musik, acara resepsi berlangsung meriah dengan bagi-bagi doorprize dengan hadiah utama ponsel android.

“Tasyakuran ini diadakan sebagai wujud syukur suksesnya beragam kegiatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI. Acara ini juga sebagai ajang menjalin silaturahmi, kebersamaan di antara warga,” ungkap Ketua RT 01 RW 04 Dusun Genengan Desa Sanankulon Lilik Sugiarto.

Dalam kesempatan itu, Lilik mengajak para peserta yang hadir untuk meneladani para pejuang kemerdekaan, khususnya tokoh proklamator Indonesia Soekarno. "Mari kita doakan pendiri negara ini, dan tokoh proklamator Soekarno-Hatta yang menjadi peletak dasar bangsa ini," tandasnya.

Sementara itu, tokoh pemuda Desa Sanankulon, Choirul Andreas mengatakan peringatan HUT RI tahun ini, Desa Sanankuon menggelar beragam kegiatan. Mulai dari karnaval 17-an, jalan sehat, baritan dan mala mini ditutup dengan tasyakuran dan resepsi.

Dirinya berharap syukuran ini semakin mempererat silaturahmi di masyarakat dan tentunya semakin meningkatkan rasa nasionalisme. "Kegiatan ini tentu saja agar kita semakin menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan serta mempererat tali silaturahmi dan kerukunan di masyarakat," pungkasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Yunan Helmy
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close