Polsek Blimbing Kejar Pria Berbaju Merah Pembobol Kotak Amal Masjid Al-Hidayah

Senin, 16-09-2019 - 10:06 WIB Petugas Polsek Blimbing saat melakukan olah TKP di Masjid Al Hidayah. (ist) Petugas Polsek Blimbing saat melakukan olah TKP di Masjid Al Hidayah. (ist)

JATIMTIMES, MALANG – Kasus pembobolan kotak amal di Masjid Al Hidayah di kawasan Jalan Ikan Belida, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, saat ini telah ditangani Polsek Blimbing.

Meskipun  pihak takmir masjid belum melapor secara resmi, petugas Polsek Blimbing langsung jemput bola menurunkan personel reskrim guna melakukan olah TKP.

Kapolsek Blimbing AKP Hery Wahyu Widodo menejelaskan, untuk upaya pengungkapan pelaku, anggota reskrim yang melakukan olah TKP telah membawa barang bukti kotak amal yang dibobol pelaku.

Dari situ, petugas akan melakukan koordinasi dengan Unit Identifikasi Polres Malang Kota guna pengambilan sampel sidik jari pelaku yang mungkin saja tertempel pada barang bukti kotak amal.

"Ya semoga bisa ditemukan pelakunya. Pihak takmir juga kami sarankan untuk segera laporan resmi. Agar bisa segera ditindaklanjuti mengenai berapa kerugiannya," jelas mantan kasat sabhara Polres Malang Kota ini (16/9/2019)

Meskipun dalam beberapa saat wajah pelaku terekam CCTV, polsek masih belum bisa memastikan atau mengetahui identitas pelaku pembobolan kotak amal. Sebab, ketika diperbesar, gambar wajah pekaku terlihat blur atau tidak jelas.

"Mudah-mudahan kerugiannya bisa menjerat pelaku dengan pasal 363 KUHP. Kalau kerugiannya kurang dari Rp 2.500.000, maka tidak bisa kita lakukan penahanan. Masuk pasal 362 KUHP dan penindakannya melalui tipiring," kata kapolsek.

Sebelumnya, seorang pria berpenutup muka terekam kamera CCTV melakukan pembobolan kotak amal di Masjid Al Hidayah. Pria yang saat beraksi mengenakan baju merah, memakai celana panjang, bertopi serta memakai penutup muka itu tak sadar jika aksinya melakukan pembobolan kotak amal terekam kamera CCTV.

Dalam rekaman CCTV, pria tersebut tampak mengamati situasi sekitar. Sempat mondar-mandir, pelaku kemudian langsung beraksi setelah melihat situasi aman.

Pelaku mencongkel kotak amal dengan sebuah alat seperti pisau dalam rekaman CCTV. Alat tersebut dikeluarkan pelaku dari dalam bajunya. Setelah mencongkel kotak amal, pelaku kemudian kembali memasukkan alat yang digunakan mencongkel itu.

Setelah itu, pelaku kembali mondar-mandir memantau situasi. Setelah dirasa aman, pelaku langsung membuka kotak amal tersebut dan mengambil uang dalam kotak amal, kemudian segera kabur.

Tapi, meskipun saat beraksi pelaku mengenakan penutup muka,  wajah pelaku sempat terekam jelas kamera CCTV lain di Masjid Al Hidayah.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Yunan Helmy
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close