Puskesmas Dinoyo Beri Informasi Kesehatan Masyarakat melalui 'Tapak Sehat'

Senin, 16-09-2019 - 11:32 WIB Tapak Sehat Puskesmas Dinoyo. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES) Tapak Sehat Puskesmas Dinoyo. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Menjadi salah satu sentra layanan kesehatan, Puskesmas Dinoyo terus menambah fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Kali ini, untuk menunjang itu, puskesmas yang berada di Jl Mayjend MT Haryono, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, tersebut memberikan akses booth lengkap dengan informasi layanan kesehatan.

Namanya Tapak Sehat. Booth itu siap menyambut pengunjung Puskesmas Dinoyo di area paling depan bersebelahan dengan ruang tunggu. Booth ini berisikan beragam kegiatan upaya kesehatan masyarakat (UKM) yang dilakukan puskesmas.

"Ini sebagai salah satu bentuk informasi kami kepada masyarakat bahwa kami ada kegiatan ini lho selain dari pelayanan di puskesmas sendiri. Kegiatan-kegiatan UKM pelayanan puskesmas baik di gedung maupun luar gedung," ujar Kepala Puskesmas Dinoyo dr Rina Istarowati.

Kegiatan yang ditampilkan meliputi posyandu, kelas ibu hamil, penyuluhan di sekolah dan di masyarakat, kegiatan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), dan masih banyak lagi. "Jadi, semisal STBM ini, kami ingin mengubah perilaku masyarakat yang buang air besar sembarangan (BABS) menjadi tidak BABS. Kemudian ada juga imunisasi," imbuh dr Rina.

Menurut dia, booth Tapak Sehat tak hanya sekadar terpampang di area depan Puskesmas Dinoyo. Booth ini bahkan didesain layaknya area foto yang bisa digunakan siapa saja. Apalagi, beragam orang hadir ke puskesmas, termasuk anak-anak dan kalangan mahasiswa yang hobi berfoto.

"Awalnya memang kami hadirkan ini untuk mengatasi permasalahan ruang tunggu agar tidak boring. Bagaimana Tapak Sehat juga sekalian tempat selfie. Jadi, masyarakat yang kebanyakan juga mahasiswa tidak boring saat menunggu antrian di sini. Mereka bisa sambil selfie-selfie sekaligus mengetahui apa saja kegiatan puskesmas ini. Yang penting konsep sehatnya ini yang bisa dikenang mereka," papar dr Rina.

Melalui fasilitas tersebut, Puskesmas Dinoyo ingin upaya promotif preventif dalam menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat Kota Malang bisa menjangkau semua lapisan. "Karena ini sudah semacam ruh-nya puskesmas. Kalau dulu orang tahunya puskesmas hanya untuk pengobatan, tapi sebetulnya tidak. Puskesmas ikut turun ke masyarakat," pungkas dr Rina.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Yunan Helmy
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close