PKPI Akhirnya Dicoret Dari Daftar Peserta Pemilu Legislatif di Lumajang

Jum'at, 10-08-2018 - 16:43 WIB Foto ilustrasi Foto ilustrasi

JATIMTIMES, LUMAJANG – Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia akhirnya dicoret dalam keikutsertaannya pada Pemilu Legislatif di Lumajang pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Keputusan ini diambil oleh KPU Lumajang, karena PKPI Lumajang tidak melakukan perbaikan berkas bacalegnya, sampai batas akhir yang ditentukan KPU Lumajang.

Ridhol Mujib SH, Komisioner KPU Lumajang kepada media ini mengatakan, batas waktu yang ditentukan KPU Lumajang sesuai tahapan yang ditetapkan adalah pada tanggal 31 juli kemarin.

"Kita sudah menyampaikan hal ini kepada pengurus PKPI Lumajang, namun sampai batas waktu yang ditentukan, mereka tidak melakukan perbaikan terhadap berkas bakal calon anggota legislatif yang telah mereka ajukan sebelumnya," kata Ridhol Mujib.

Akibat tidak dilalukannya perbaikan bekas ini, maka dalam Pemilu Legislatif tahun depan gambar partai itu tidak akan dipasang pada surat suara yang dikeluarkan oleh KPU Lumajang.

"Karena calegnya tidak ada, maka gambar partainya juga tidak ada. Jadi nantinya hanya 15 partai saja yang akan terpasang di surat suara," kata Ridhol Mujib kemudian.

Sementara itu Ketua DPC PKPI Lumajang Drs. H. Didik Nurjadid kepada media ini mengatakan, bahwa pihak DPC PKPI Lumajang sudah menyampaikan kepada seluruh bacalegnya yang berjumlah 15 orang untuk memperbaiki berkasnya.

"Karena mereka tidak melakukan perbaikan, ya sudah kita lepas saja, dan kita tidak ikut dalam Pemilu Legislatif di Lumajang," kata Drs. Didik Nur Jadid 

Tahapan selanjutnya, KPU akan meminta persetujuan partai politik terhadap rancangan Daftar Caleg Sementara atau DCS. DCS ini akan diumumkan pada tanggal 12 agustus mendatang. Terkait DCS ini masyarakat bisa memberikan masukan kepada KPU dengan syarat melampirkan identitas yang jelas.

"Masih masyarakat memberikan masukan tentang caleg yang namanya terteras di DCS, asalkan disertai dengan identitas yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan," jelas Ridhol Mujib kemudian.

Pasca penetapan DCS ini, tahapan beritanya adalah Daftar Caleg Tetap (DCT) yang akan diumumkan pada tanggal 20 September mendatang. Daftar nama-nama yang tertera dalam DCT inilah yang nantinya akan dicetak pada kertas suara pada pemilu legislatif pada tanggal 17 April bersamaan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Lumajang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close